ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL (JOSHI) PADA MAHASISWA SEMESTER TIGA

Siti Zulaikhah , 6450405115 (2015) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL (JOSHI) PADA MAHASISWA SEMESTER TIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1451Kb)

    Abstract

    Joshi merupakan kelas kata fuzokugo, joshi tidak dapat berdiri sendiri, Joshi sebagai salah satu unsur penting dalam bahasa Jepang mempunyai berbagai fungsi di dalam kalimat. Penempatan joshi dengan benar menjadi keharusan bagi pembelajar bahasa Jepang. Karena penggunaan joshi yang salah dapat mempengaruhi arti sebuah kalimat. Mengingat dalam bahasa Jepang jumlahnya cukup banyak dan fungsinyapun bermacam-macam, Hal ini yang biasanya turut membuat mahasiswa mengalami kesulitan ketika menggunakan joshi di dalam sebuah kalimat. Kesulitan tersebut biasanya akan berujung pada kesalahan mahasiswa dalam mempelajari bahasa Jepang, oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah diberikan kepada 16 mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang angkatan 2013 prosentase kesalahan mahasiswa dalam menggunakan joshi adalah sebesar 43,7 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa masih ada mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam menggunakan joshi, sehingga perlu diadakan penelitian yang mengkaji tentang kesalahan penggunaan joshi pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja dan faktor penyebab kesalahan dalam menggunakan joshi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan mencari solusi untuk menggunakan metode dalam pembelajaran joshi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester III prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES angkatan 2013 berjumlah 56 mahasiswa, Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa prosentase kesalahan mahasiswa dalam menggunakan joshi adalah 33,3%. Ada beberapa kesalahan yang perlu lebih diperhatikan yaitu kesalahan dalam menggunakan joshi yang menerangkan waktu pada joshi ni dan de, tempat pada joshi ni, de dan o, cara/bahan pada joshi kara dan de, topik pembicaraan pada joshi wa dan ga, dan kalimat jodoshi dan tadoushi pada joshi ga dan o. Penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah karena mahasiswa hanya memperhatikan satu atau dua kosa kata sebelum dan sesudahnya. Mahasiswa tidak memperhatikan konteks kalimat dengan baik, serta tidak memperhatikan fungsi penggunaan (gramatikal) joshi di dalam sebuah kalimat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, joshi
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 23:17
    Last Modified: 11 Nov 2015 23:17

    Actions (login required)

    View Item