PENGARUH TUJUAN PENDEKATAN KEAHLIAN PADA KEINGINAN UNTUK KELUAR DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (Studi Kasus Pada Guru TK Kecamatan Gunungpati Kota Semarang)

Septina Kurniawati , 7311411178 (2015) PENGARUH TUJUAN PENDEKATAN KEAHLIAN PADA KEINGINAN UNTUK KELUAR DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (Studi Kasus Pada Guru TK Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1297Kb)

    Abstract

    Keinginan untuk keluar merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi jalannya organisasi. Keinginan untuk keluar dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu tujuan pendekatan keahlian dan motivasi intrinsik. Seorang yang mempuyai tujuan pendekatan yang tinggi dan organisasi tidak memberikan fasilitas serta dukungan yang memadai untuk pengembangkan keahliannya maka keinginan untuk keluar juga tinggi. Keinginan untuk keluar dapat diperlemah dengan adanya motivasi intrinsik yang tinggi dari seorang karyawan jika mereka merasa pekerjaannya menyenangkan, dan sesuai dengan kemampuannya maka hal itu akan menurunkan adanya keinginan untuk keluar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tujuan pendekatan keahlian pada keinginan untuk keluar dengan motivasi intrinsik sebagai variabel moderator. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan teknik pengambilan data simple random samplingdan penghitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang diketahui sebesar 88 guru TK. Metodepengumpulan data menggunakan kuesioner, metodeanalisis menggunakan uji parsial dan analisis nilai residual dalam menentukan hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara tujuan pendekatan keahlian pada keinginan untuk keluar yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Motivasi intrinsik menujukkan hasil negatif signifikan terhadap keinginan untuk keluar dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Motivasi intrinsik terbukti memoderasi hubungan antara tujuan pendekatan keahlian pada keinginan untuk keluar, yang ditunjukkan dengan nilai sig 0.026 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tujuan pendekatan keahlian dan motivasi intrinsik antar individu sangat berperan penting dalam timbulnya keinginan untuk keluar. Hal ini menunjukan bahwa untuk dapat menurunkan keinginan untuk keluar, guru TK harus memiliki motivasi intrinsik yang tinggi dalam menyikapi pekerjaannya yang menganggap pekerjaanya berarti.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tujuan Pendekatan Keahlian, Motivasi Intrinsik, Keinginan Untuk Keluar.
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 20:16
    Last Modified: 11 Nov 2015 20:16

    Actions (login required)

    View Item