ANALISIS ESTIMASI VOLATILITAS INDEKS HARGASAHAM MENGGUNAKAN HARGA TERTINGGI, TERENDAH, PEMBUKAAN, DAN PENUTUPAN (Studi pada Indeks Saham Sektoral di Bursa Efek Indonesia Periode 4 Maret 2013 – 4 Maret 2015)

Nur Atiqotul Zulfa , 7311411169 (2015) ANALISIS ESTIMASI VOLATILITAS INDEKS HARGASAHAM MENGGUNAKAN HARGA TERTINGGI, TERENDAH, PEMBUKAAN, DAN PENUTUPAN (Studi pada Indeks Saham Sektoral di Bursa Efek Indonesia Periode 4 Maret 2013 – 4 Maret 2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1615Kb)

    Abstract

    Volatilitas merupakan pengukuran statistik untuk fluktuasi harga aset selama periode waktu tertentu, di mana data yang digunakan bersifat runtut waktu yang acak, dan diukur sebagai standard deviasi. Salah satu metode penaksiran yang digunakan dalam mengestimasi volatilitas adalah metode momen, dengan menggunakan estimator harga pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model estimasi volatilitas yang digunakan untuk memperkirakan volatilitas dapat memberikan hasil yang efisien serta mengetahui pergerakan indeks harga saham sektoral. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah indeks harga saham yang ada di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2015. Dengan teknik judgment sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 10 indeks harga saham sektoral, dengan total pengamatan harian sejumlah 4786 data. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model estimasi Buescue et al.(2011) merupakan penaksir yang tidak bias, memiliki varians minimum, efisien, dan konsisten. Pergerakan volatilitas indeks harga saham sektoral di Indonesia menunjukkan tren yang cenderung meningkat pada periode awal Maret sampai kuartal III 2013. Tren penurunan volatilitas berlangsung selama tahun 2014 sampai awal Maret 2015. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model estimasi volatilitas Buescue et al. (2011) memberikan hasil yang efisien dalam memperkirakan volatilitas indeks harga saham sektoral di Bursa Efek Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengujikan model ini pada indeks harga saham individu dan gabungan atau menguji model estimasi volatilitas lain yang didasarkan pada harga pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan. Investor dan manajer investasi disarankan menggunakan model estimasi volatilitas ini sebagai salah satu alat analisis dalam membuat strategi trading sertauntuk melakukan kontrol terhadap risiko volatilitas. Manajemen perusahaan dapat menggunakan volatilitas sebagai salah satu sumber informasi untuk mengetahui ekpektasi dan perilaku pelaku pasar terhadap perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Estimasi Volatilitas, Volatilitas Historis, Indeks Harga Saham Sektoral
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 20:04
    Last Modified: 11 Nov 2015 20:04

    Actions (login required)

    View Item