PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MELALUI MEDIA BUKLET KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DI SMA NEGERI 1 KEDUNGREJA TAHUN 2014

Sugeng Riyadi, 3201410080 (2015) PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MELALUI MEDIA BUKLET KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DI SMA NEGERI 1 KEDUNGREJA TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2314Kb)

    Abstract

    SMA Negeri 1 Kedungreja, Cilacap adalah salah satu sekolah yang berada di daerah rawan bencana gempa bumi. Maka dari itu dibutuhkan informasi dan media yang dapat membantu siswa untuk memahami kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengetahuan kebencanaan siswa di SMA Negeri 1 Kedungreja. (2) Mengetahui efektifitas penggunaan buklet kesiapsiagaan bencana gempa bumi di lingkungan sekolah tingkat SMA. (3) Mengetahui respon siswa setelah menggunakan buklet kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kedungreja Kabupaten Cilacap. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Kedungreja, sedangkan yang menjadi sample penelitian adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Pecinta Alam dan siswa yang menjadi pengurus OSIS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah sample purposive samping (sempel bertujuan). Alur penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada penelitian Pre-test and Post-test Group, yakni kelas yang menjadi subjek penelitian dikenai dua kali observasi yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Hasil penilaian pakar 1 diperoleh skor 90% dengan kriteria “sangat layak”, dan pakar II memperoleh skor 72,5% dengan kriteria “layak”. Sedangkan pakar III memperoleh skor 75% dengan kriteria layak. Berdasarkan penilaian dari seluruh pakar atau tim ahli skor rata-ratanya adalah 79,17% , dengan kriteria “layak”, sehingga buklet tersebut dapat digunakan untuk media pembelajaran kesiapsiagaan bencana gempa bumi di sekolah. Berdasarkan hasil analisis data pre-test diketahui nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah 35 sedangkan hasil post-tes diketahui nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 65. Hasil nilai akhir menunjukan peningkatan pengetahuan kebencanaan sebesar 0,64 dengan kriteria peningkatan sedang. Hasil tanggapan siswa terhadap buklet kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi adalah sebesar 90,28% atau dengan kriteria “sangat baik”. Saran untuk penelitian ini adalah perlu digalangkannya pendidikan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi di lingkungan sekolah. Pendidikan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi di sekolah hendaknya di informasikan dengan menggunakan media yang menarik untuk di baca, misalnya dengan menggunakan buklet.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan kebencanaan, Buklet Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa bumi
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:52
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:52

    Actions (login required)

    View Item