HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PERAN NASABAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI BANK SAMPAH RESIK BECIK KOTA SEMARANG

Rossa Dewi Hardjanti, 3201410076 (2015) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PERAN NASABAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI BANK SAMPAH RESIK BECIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1625Kb)

    Abstract

    Peran nasabah bank sampah dalam pengelolaan sampah diduga berkolerasi dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Diindikasikan masih terdapat nasabah bank sampah Resik Becik tidak terlibat aktif melakukan pengelolaan sampah anorganik. Tujuan peneliti adalah mengetahui latar belakang pendidikan nasabah, peran nasabah dalam pengelolaan sampah di bank sampah Resik Becik Kota Semarang serta mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan peran nasabah Bank Sampah Resik Becik melakukan pengelolaan sampah anorganik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pendiri bank sampah RB, ketua RT dan pengurus bank sampah RB, hasil angket tanggapan 36 nasabah bank sampah RB, serta hasil observasi, sedangkan data sekunder bersumber dari dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk kalimat sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pendidikan nasabah Bank Sampah Resik Becik mayoritas lulusan SMA sebesar 58,4% dan termasuk kategori rendah; (2) Peran nasabah ditinjau dari aspek waktu bergabung, aktifitas mengelola sampah, aspek ekonomi, aspek manfaat dan aspek sikap lingkungan mencapai 62,2% dan termasuk kategori tinggi; (3) Terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan peran nasabah Bank Sampah Resik Becik melakukan pengelolaan sampah anorganik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latar belakang pendidikan berhubungan dengan peran nasabah dalam mengelola sampah anorganik di bank sampah Resik Becik Kota Semarang. Diajukan saran agar menyediakan lokasi dan lahan terpadu sebagai tempat penampungan sampah anorganik serta sebagian hasil pengolahan sampah dapat diwujudkan sebagai bantuan biaya pendidikan bagi nasabah bank sampah Resik Becik di Kelurahan Krobokan Kota Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Partisipasi, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:49
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:49

    Actions (login required)

    View Item