PENGGUNAAN MEDIA BUKLET PADA PEMBELAJARAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA AIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KALANGAN REMAJA KELURAHAN KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Chusnul Khotimah, 3201410021 (2015) PENGGUNAAN MEDIA BUKLET PADA PEMBELAJARAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA AIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KALANGAN REMAJA KELURAHAN KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1297Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan usaha sadar yang dengan sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui proses pembelajaran di sekolah. Keberhasilan proses pembelajaran merupakan muara dari seluruh aktivitas yang dilakukan guru dan siswa. Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dimaknai sebagai nilai nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat yang antara lain dipakai untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari. Diharap melalui buklet ini remaja lebih memahami bagaimana menjaga kelestarian lingkungan melalui budaya kearifan lokal. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan media buklet pengelolaan sumberdaya air berbasis kearifan lokal yang dibuat, 2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif dengan menggunakan media buklet tentang pengelolaan sumberdaya air berbasis kearifan lokal di kalangan remaja di Kelurahan Kandri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja yang berumur antara 13–18 tahun di Kelurahan Kandri. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pertimbangannya adalah Desa Kandri yang memiliki kearifan lokal dalam pengelolaan sumberdaya air dan Desa Kandri melakukan Upacara Nyadran Kali. Sampel remaja yang berjumlah 40 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan tes. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan (1) Media buklet pengelolaan sumberdaya air berbasis kearifan lokal layak digunakan. (2) Perbedaan hasil belajar kognitif dengan menggunakan media buklet tentang pengelolaan sumberdaya air berbasis kearifan lokal di kalangan remaja di Kelurahan Kandri hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil kognitif remaja yang semakin meningkat sebelum dan sesudah rata-rata hasil pre test 58,37 dan rata-rata hasil post test 81.62. Simpulan penelitian ini bahwa media media buklet pengelolaan sumberdaya air berbasis kearifan lokal sangat membantu remaja dalam pembelajaran Lingkungan. Selain itu dapat meningkatkan hasil kognitif remaja. Saran (1) Kepada remaja di kelurahan kandri diharapkan lebih aktif dalam upaya pengelolaan sumberdaya air; (2) Kepada pihak pemerintah agar memberikan pengarahan kepada warga untuk menjaga kelestarian lingkungan lewat kegiatan adat istiadat yang sudah dilakukan para leluhur.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media Buklet, Kearifan lokal
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:45
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:45

    Actions (login required)

    View Item