PENGEMBANGAN BUKU SAKU GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI SEBAGAI BAHAN AJAR PADA KELAS X DI MA NU AL HIKMAH SEMARANG

Teguh Afriyadi, 3201409087 (2015) PENGEMBANGAN BUKU SAKU GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI SEBAGAI BAHAN AJAR PADA KELAS X DI MA NU AL HIKMAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3365Kb)

    Abstract

    Selama ini, bahan ajar yang digunakan di MA NU Al Hikmah masih menggunakan buku sekolah elektronik (BSE) atau buku paket yang di pinjamkan tiap jam pelajaran Geografi saja.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang layak digunakan berupa buku saku Geografi dengan kompetensi dasar sejarah pembentukan bumi, dan menguji kelayakan buku saku pad a proses pembelajaran di MA NU Al Hikmah kelas X. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MA NU AL Hikmah sebanyak 28 siswa tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa kelayakan buku saku dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pembuatan buku saku Geografi Kompetensi dasar Sejarah Pembentukan Bumi digunakan untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan proses pembelajaran pada MA NU Al Hikmah kelas X. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kelayakan buku dengan rata-rata persentase validasi pada aspek kelayakan isi, klayakan bahasa, dan kelayakan penyajian berturut-turut sebesar 79,8%, 82,4%, dan 83,3% dengan rata-rata kriteria sangat baik. Persentase tanggapan siswa skala kecil sebesar 95,1% dan skalabesar 92,9% dengan kriteria sangat menarik. Persentase tanggapan guru sebesar76% dengan kriteria baik dan layak digunakan. Hasil belajar siswa menunjukkan data 100% siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 85,4. Hasil belajar siswa dapat maksimal dikarenakan penggunaan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar secara mandiri, mengantisipasi kesulitan belajar siswa dan memberikan latihan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa secara individual. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa buku saku Geografi dengan kompetensi dasar sejarah pembentukan bumi layak digunakan sebagai bahan ajar. Saran yang di ajukan adalah, a) buku saku Geografi dapat dikembangkan untuk materi Geografi yang lain, b) Perencanaan pembelajaran pada penerapan buku saku Geografi disusun lebih matang terutama dalam hal perencanaan waktu yang sesuai dengan tingkat penyampaian materi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, buku saku Geografi, Sejarah pembentukan bumi
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:41
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:41

    Actions (login required)

    View Item