Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dengan Sikap dan Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal di Desa Klaling Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Failasufa Dhiyaul Fatih, 3201409047 (2015) Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dengan Sikap dan Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal di Desa Klaling Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1689Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan, (1) Mengetahui tingkat pendidikan ibu rumah tangga di Desa Klaling Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, (2) Mengetahui sikap ibu rumah tangga dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan di Desa Klaling Kecamtan Jekulo Kabupaten Kudus, (3) Mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dengan sikap ibu rumah tangga dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan di Desa Klaling Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga yang termasuk warga Desa Klaling Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Karena subjek dalam penelitian adalah Ibu Rumah Tangga, maka jumlah Ibu Rumah Tangga di Desa Klaling sebanyak 2.539 jiwa. Sikap ibu rumah tangga dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan tempat tinggal ternyata satu pun tidak ada sikap dengan kriteria sangat tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendidikan ibu rumah tangga yaitu sejumlah 9,28% tingkat pendidikan Ibu Rumah Tangga rendah (tamat SD), kemudian 22,68% Ibu Rumah Tangga dengan kriteria cukup tinggi (tamat SMP), 58,76% Ibu Rumah Tangga dengan kriteria tinggi (tamat SMA), dan 9,28% Ibu Rumah Tangga dengan kriteria sangat tinggi (perguruan tinggi). Dapat disimpulkan bahwa ibu rumah tangga dapat menentukan atau melakukan suatu perubahan dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan tempat tinggal. Saran yang diajukan adalah sebagai berikut: 1) Menggiatkan sosialisasi mengenai pemeliharaan kebersihan lingkungan tempat tinggal khususnya kepada ibu rumah tangga. 2) Pemerintah memberikan penyuluhan kebersihan lingkungan rumah dan pemahaman tentang kualitas rumah yang lebih baik. 3) Pemerintah memberikan bantuan fasilitas kebersihan umum kepada penduduk seperti tong sampah untuk menghindari pembakaran sampah oleh penduduk, dan pembuatan WC umum untuk menjaga kebersihan dan kesehatan penduduk..

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hubungan, Tingkat Pendidikan, Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:34
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:34

    Actions (login required)

    View Item