PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP KERUSAKAN LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) KREO DI KOTA SEMARANG DAN SEKITARNYA

Ari Wahyudi Kusuma Wardani, 3211410011 (2015) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP KERUSAKAN LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) KREO DI KOTA SEMARANG DAN SEKITARNYA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3127Kb)

    Abstract

    Kondisi sosial ekonomi sangat mempengaruhi pemanfaatan lahan yang dapat mengakibatkan kerusakan lahan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh sosial ekonomi terhadap kerusakan lahan Di DAS Kreo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi, mengetahui pengaruh sosial ekonomi terhadap kerusakan lahan dan mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi kerusakan lahan di DAS Kreo. Populasi dalam penelitian di DAS Kreo ini adalah seluruh masyarakat yang tinggal pada daerah administrasi DAS Kreo. Sampeldalam penelitian ini adalah rumah tangga petani. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas tingkat pendapatan petani, tingkat pendidikan, luas usaha tani, status kepemilikan lahan, keterlibatan tenaga kerja, dan orientasi pasar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain adalah dengan observasi, kuesioner, dokumentasi, wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis ekologikal, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik yang dengan menggunakan metode tabel silang (cross table). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi di DAS Kreo berpengaruh terhadap kerusakan lahan. Berdasarkan 32 satuan bentuklahan, terdapat 62,5% (20) satuan bentuklahan berkriteria antara kecil sampai sedang yang kebanyakan terdapat pada bagian hulu sampai tengah sungai, sedangkan pada bagian hilir sungai terdapat 32,5% (12) satuan bentuklahan berkriteria tinggi sampai sangat tinggi. Faktor yang dominan adalah faktor orientasi pasar Kondisi sosial ekonomi merupakan hal yang sangat penting yang dapat memberikan pengaruh bagi keberlanjutan pemanfaatan lahan khususnya pada DAS Kreo yang menjadi wilayah penelitian, sehingga harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah dan dinas-dinas terkait agar masalah ini dapat teratasi dengan baik dengan melakukan konsevasi lahan yang tepat. Selain itu, pemerintah dan dinas terkaitpun harus terus memantau wilayah tersebut agar pemanfaatan lahannya terkendali dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sosial ekonomi, Kerusakan lahan, DAS
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 18:04
    Last Modified: 27 Mar 2018 09:57

    Actions (login required)

    View Item