KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL QUANTUM DAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SMP

Mahda Haidar Rahman, 2101410098 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL QUANTUM DAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, menyusun teks cerita pendek secara tertulis termasuk salah satu kompetensi bersastra yang harus dicapai siswa pada kelas VII. Pembelajaran menyusun teks cerita pendek memiliki banyak kendala, beberapa antara lain motivasi siswa yang rendah, kesulitan dalam menentukan tema, mengembangkan paragraf, dan menentukan urutan peristiwa. Oleh karena itu, pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis di sekolah memerlukan model pembelajaran yang efektif sehingga dapat memotivasi dan mengoptimalkan kemampuan siswa dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan model quantum pada siswa kelas VII SMP, (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan model Project Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII SMP, dan (3) mengetahui perbedaan keefektifan antara pembelajaran menulis teks cerita pendek menggunakan model quantum dengan model Project Based Learning. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental (eksperimen semu) yaitu desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini dipilih denganpurposive sampling. Sampel penelitian adalah keterampilan menyusun teks cerita pendek siswa kelas VII A SMP N 2 Demak (kelas eksperimen) dan kelas VII B SMP N 2 Demak (kelas kontrol). Kelas eksperimen diberi perlakuan model quantum dengan jumlah responden 30 siswa. Kelas kontrol dengan model PBL, jumlah responden 30 siswa. Sebelum diberi perlakuan, dilakukan pretes pada kedua kelas tersebut untuk mengetahui kondisi awal siswa. Selanjutnya diberi perlakuan dan diberikan postes pada akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian (1) pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis pada kelas VII efektif dilakukan dengan model quantum, (2) pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis pada kelas VII efektif dilakukan dengan model PBL, dan (3) pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis pada kelas VII menggunakan model quantum lebih efektifdaripada menggunakan model PBL. Pada aspek keterampilan, nilai rata-rata siswa kelas quantum> PBL, yakni 79,5>75,367. Hasil penghitungan uji beda ratarata menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,343 > 2) hal ini menunjukkan antara kelas quantum dengan kelas PBL terdapat perbedaan yang signifikan.Pada aspek pengetahuan, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas quantum dan PBL.Pada aspek sikap, sama-sama terdapat berubahan positif sesuai karakteristik model masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikansebagai berikut. (1) Dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis menggunakan model quantum hendaknya guru membuat kesepakatan dengan siswa mengenai waktu pengerjaan tugas, (2) dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis menggunakan model PBL hendaknya guru dapat memberikan waktu yang lebih longgar agar siswa tidak terlalu dikejar batas waktu pengerjaan proyek.(3) Bagi guru yang ingin mengembangkan sikap bertanggung jawab, disiplin, jujur, peduli dan toleransi; atau gaya berpikir otak kiri dapat menerapkan model PBL. Sebaliknya, bagi guru yang ingin mengembangkan gaya berpikir otak kanan; atau sikap kreatif, santun, percaya diri, dan menghargai prestasi dapat menerapkan model quantum. (4) bagi peneliti selanjutnya hendaknya dalam menerapkan model quantum dapat mempelajari dan mendalami terlebih dahulu bagaimana kriteria guru yang menerapkan model quantum di dalam kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model quantum, model PBL, menyusun teks cerita pendek
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 18:00
    Last Modified: 11 Nov 2015 18:00

    Actions (login required)

    View Item