PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK MENEMUKAN INFORMASI SECARA CEPAT DAN TEPAT DENGAN TEKNIK MEMINDAI POLA VERTIKAL DAN HORIZONTAL PADA SISWA KELAS VIIIA SEMESTER GANJIL MTS NU SERANGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Kamsari, 2101409164 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK MENEMUKAN INFORMASI SECARA CEPAT DAN TEPAT DENGAN TEKNIK MEMINDAI POLA VERTIKAL DAN HORIZONTAL PADA SISWA KELAS VIIIA SEMESTER GANJIL MTS NU SERANGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1436Kb)

    Abstract

    Membaca untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru bahasa Indonesia di MTs NU Serangan, Bonang, Demak, Nizar Fathi Firdaus, S.Pd. menunjukkan keterampilan siswa dalam membaca masih rendah, tercatat dengan nilai rata-rata 61,35. Hambatan yang ditemukan disebabkan oleh kekurangpahaman dan kekuranganminatan sebagian besar siswa dalam membaca secara baik dan benar. Selain itu, guru kurang variatif dalam memilih metode dan teknik dalam pembelajaran membaca cepat. Dengan teknik memindai pola vertikal dan horizontal diharapkan dapat membangkitkan motivasi siswa dan mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran membaca cepat untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat, serta dapat memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran membaca. Dengan demikian keterampilan membaca siswa akan mengalami peningkatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran membaca untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat dengan teknik memindai pola vertikal dan horizontal? (2) berapa besar peningkatkan keterampilan membaca untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat melalui penerapan teknik memindai pola vertikal dan horizontal? dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa pada saat mengikuti pembelajaran membaca untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat dengan teknik memindai? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses, keterampilan membaca, dan perubahan perilaku siswa kelas VIII A MTs NU Serangan Bonang Demak setelah mengikuti pembelajaran membaca untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat dengan teknik memindai pola vertikal dan horizontal. Pelaksanaan ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII A MTs NU Serangan Bonang Demak. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca siswa kelas VIII A MTs NU Serangan Bonang Demak yang berjumlah 42 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat dan penggunaan teknik memindai pola vertikal dan horizontal. Pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Setelah dilakukan penelitian melalui dua siklus, diketahui bahwa proses pembelajaran membaca cepat dengan teknik memindai pola vertikal dan horizontal kelas VIII A MTs Serangan Bonang Demak pada siklus I, masih ada siswa yang belum siap mengikuti pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan masih didapati siswa yang berbicara sendiri dan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran membaca cepat. Akan tetapi, pada siklus II kesiapan dan aktivitas siswa meningkat, ditandai dengan situasi atau suasana kelas pada saat pembelajaran membaca cepat relatif tenang, tanpa ada kegaduhan atau keramaian. Secara klasikal hasil tes keterampilan membaca cepat siswa pada prasiklus tercatat nilai rata-rata 61,35 dengan ketuntasan 9,52%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I tercatat nilai rata-rata kelas 62,32. Ketuntasan siswa dalam tercatat 23,81% pada siklus I. Akan tetapi, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan, tercatat dengan nilai rata-rata 78,61 dengan ketuntasan pembelajaran tercatat 76,19%. Peningkatan tersebut juga diikuti dengan peningkatan perubahan sikap dari siklus I ke siklus II. Aspek kesatu, ketertarikan siswa dengan kehadiran peneliti, meningkat 26,2%, tercatat 73,80% pada siklus I dan siklus II tercatat 100%. Aspek kedua, siswa aktif dengan kegiatan tanya jawab dengan peneliti, meningkat 61,91%, tercatat 33,33% pada siklus I dan siklus II tercatat 95,24%. Aspek ketiga, siswa antusias dan serius dalam kegiatan meningkat 28,58%, tercatat 66,66% dan siklus II tercatat 95,24%. Aspek keempat, siswa aktif dalam kegiatan kelompok meningkat 28,57%, tercatat 61,90% dan siklus II tercatat 90,47%. Aspek kelima, siswa aktif dalam kegiatan refleksi meningkat 33,33%, tercatat 57,14% pada siklus I dan siklus II tercatat 90,47%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru bahasa Indonesia menggunakan teknik memindai pola vertikal dan horizontal sebagai alternatif pembelajaran membaca. Bagi siswa hendaknya semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran membaca serta berperilaku positif agar dapat menemukan informasi dengan cepat dan tepat serta memahami dan menghayati isi bacaan dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, teknik memindai, vertikal dan horizontal
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 15:46
    Last Modified: 11 Nov 2015 15:46

    Actions (login required)

    View Item