IMPLEMENTASI METODE CERTAINLY OF RESPONSE INDEX (CRI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X TI A DI SMK SAKTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2014/2015

Fauziah Retno Triwulan, 5302410110 (2015) IMPLEMENTASI METODE CERTAINLY OF RESPONSE INDEX (CRI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X TI A DI SMK SAKTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3295Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di SMK Sakti Gemolong diperoleh kondisi siswa saat proses belajar mengajar, dimana siswa menunjukkan aktivitas yang rendah dan pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Saat ditanya oleh pengajar, siswa hanya diam dan jarang menjawab. Hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran sistem komputer dan masih banyaknya siswa yang belum paham dijadikan dasar dilakukannya penelitian dengan menggunakan pendekatan Certainly of Response Index. Certainly of Response Index (CRI) merupakan model yang digunakan untuk mengukur tingkat keyakinan siswa terhadap materi yang telah diajarkan oleh guru dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari kegiatan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Kegiatan prasiklus digunakan untuk mengetahui konsdisi awal siswa. Kegiatan siklus I dan siklus II, pendekatan CRI dilakukan pada saat posttest. Dimana siswa memberikan skala CRI 0-5 disetiap soal yang dijawab. Hasil pretest yang diperoleh siswa mengalami miskonsep 0% tetapi siswa tidak paham materi 86% pada materi system bilangan dan 100% pada materi gerbang logik dan persamaan dan menggambar gerbang dasar. Hasil penelitian pada siklus I, diperoleh bahwa siswa yang dikategorikan paham konsep sistem bilangan 49%, konversi sistem bilangan 32%, dan BCD BCH 52%, siswa yang dikategorikan miskonsep sistem bilangan 12%, konversi bilangan 14%, dan BCD BCH 21%, dan siswa yang dikategorikan tidak paham konsep sistem bilangan 47%, konversi sistem bilangan 50%, dan BCD BCH 46%. Setelah dilakukan perbaikkan di siklus II, hasil yang diperoleh siswa yang dikategorikan paham konsep logik dasar dan kombinasi 80%, fungsi logik dasar 76%, menggambar dan persamaan logik dasar 45%, siswa yang dikategorikan miskonsep logik dasar dan kombinasi 10%, fungsi logik dasar 10%, menggambar dan persamaan logik dasar 19%, dan siswa yang dikategorikan tidak paham logik dasar dan kombinasi 10%, fungsi logik dasar 9%, menggambar dan persamaan logik dasar 34%. Hasil belajar siswa meningkat dari 45,95% menjadi 86,49% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa metode pendekatan CRI membantu pengajar dalam meperbaiki strategi pembelajaran. Hasil yang diperoleh siswa menjadi aktif, percaya diri, dan lebih banyak paham akan materi yang diajarkan. Pendekatan CRI dapat meningkat pemahaman siswa kelas X TI A di SMK Sakti Gemolong pada mata pelajaran sistem komputer, yang dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang paham materi dari siklus I ke siklus II.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Certainly of Response Index, hasil belajar, sistem komputer, siswa
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 14:52
    Last Modified: 11 Nov 2015 14:56

    Actions (login required)

    View Item