MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN SEKS MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUMURREJO KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Desy Mustika Dewi , 1301411018 (2015) MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN SEKS MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUMURREJO KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2962Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena yang terjadi di MIN Sumurrejo Kota Semarang bahwa terdapat siswa yang memiliki pengetahuan pendidikan seks yang cenderung rendah. Fenomena yang terjadi seperti terdapat kasus penyimpangan perilaku siswa yaitu siswa diketahui dapat mengakses internet yaitu mengakses situs porno, dan rata-rata pengetahuan siswa tentang organ reproduksi, fungsi dan cara pemeliharaan, serta menghadapi masa pubertas rendah. Melalui layanan informasi diharapkan pengetahuan pendidikan seks yang dimiliki siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengubah tingkat pengetahuan penddikan seks siswa melalui layanan informasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumurrejo Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Dan kelas VI yang menjadi sampel penelitian dengan jumlah responden 23 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes pengetahuan sebanyak 45 item. Instrument tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif presentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat pengetahuan siswa sebelum mendapatkan layanan informasi tergolong dalam kategori rendah dengan persentase 39%. Setelah mendapatkan layanan informasi menggunakan media visual meningkat menjadi 75% dalam kategori tinggi. Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 36%. Dari perhitungan uji wilcoxon diperoleh Z= -4,202b dengan p value (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar ,000 dimana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Dengan kata lain bahwa terjadi perubahan tingkat pengetahuan pendidikan seks siswa setelah diberikan layanan informasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Pendidikan Seks, Layanan Informasi.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 12:48
    Last Modified: 11 Nov 2015 12:48

    Actions (login required)

    View Item