PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C (Studi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan)

Khalif Ashhabul Umam , 1201411043 (2015) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C (Studi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2100Kb)

    Abstract

    Keragaman latar belakang dari peserta didik program paket C PKBM Sunan Drajat yang berbeda-beda membuat kesiapan belajar dan hasil belajar masing-masing peserta didik menjadi lebih variatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar tingkat kesiapan belajar peserta didik program paket C di PKBM Sunan Drajat, (2) Seberapa besar tingkat hasil belajar peserta didik program paket C di PKBM Sunan Drajat, (3) Adakah pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik program paket C di PKBM Sunan Drajat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kesiapan belajar peserta didik program paket C di PKBM Sunan Drajat, (2) Untuk mengetahui tingkat hasil belajar peserta didik program paket C di PKBM Sunan Drajat, (3) Untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik program paket C Di PKBM Sunan Drajat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi adalah 67 peserta didik program paket C yang terdiri dari 35 peserta didik kelas XI dan 32 peserta didik kelas XII. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase untuk mengetahui kondisi kesiapan belajar dan hasil belajar peserta didik serta teknik analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan analisis deskriptif persentase diperoleh data kesiapan belajar peserta didik dari 67 sampel terdapat 67,16 % peserta didik berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi dan hanya 4,48 % peserta didik yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah, jadi secara keseluruan adalah tinggi. Pada variabel hasil belajar dari 67 sampel terdapat 68,66 % peserta didik dalam kategori tinggi dan sangat tinggi dan hanya 5,97 % peserta didik pada kategori rendah dan sangat rendah atau secara keseluruhan tinggi pula. Pada analisis regresi sederhana diperoleh hasil yaitu skor Fhitung = 45,247 lebih besar dari Ftabel = 3,99 pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga hipotesis nol ( H0) ditolak. Sedangkan pada tabel R square diperoleh skor 0,410 yang artinya besaran pengaruh kesiapan belajar peserta didik terhadap hasil belajar adalah sebesar 41,00 %. Untuk peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan dirinya baik secara fisik maupun psikis serta memotivasi dirinya untuk selalu bersemangat dalam belajar. Untuk tutor dan pengelola program diharapkan dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif agar peserta didik merasa nyaman untuk belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 08:39
    Last Modified: 11 Nov 2015 08:39

    Actions (login required)

    View Item