MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TUNAS BANGSA BREBES

Riski Arum Senjawati, 1201411040 (2015) MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TUNAS BANGSA BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1188Kb)

    Abstract

    Motivasi warga belajar adalah dorongan yang terdapat pada warga belajar baik kondisi fisik dan psikologis untuk mencapai tujuan tanpa memandang batas usia. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi warga belajar dalam mengikuti kejar paket C, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan motivasi warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan program kejar paket C dan, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan program kejar paket C di PKBM Tunas bangsa Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di PKBM Tunas Bangsa Brebes. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumetasi. Subjek penelitian 4 orang warga belajar paket C, 1 orang tutor paket C, 1 orang pengelola PKBM dan 1 orang tokoh masyarakat. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Metode analisis data : (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) motivasi warga belajar dalam mengikuti kejar paket C di PKBM Tunas Bangsa Brebes yaitu keaktifan, kehadiran, kesiapan warga serta semanagat juangnya dalam mengikuti paket C masih bisa dikatakan rendah, sarana dan prasarana yang memadai belum maksimal. Warga belajar dalam mengikuti kejar paket C dengan harapan untuk memperoleh ijazah setara SMA/MA, sebagai persyaratan pekerjaan, serta ingin melanjutkan kuliah atau pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, (2) faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi warga belajar yaitu faktor internal kondisi yang sehat antara jasmani dan rohani, faktor eksternal yaitu lingkungan sosial, latar belakang keluarga, tingkat pendidkan orang tua, dan ekonomi. Bagi warga belajar yang kurang mampu diberi keringanan biaya dalam mengikuti kejar paket C, sehingga warga belajar lebih termotivasi dalam mengikuti kejar paket C. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah mengingat pentingnya motivasi belajar agar para pegiat pendidik nonformal lebih memberikan pemahaman terkait program paket C dan program pendidikan nonformal lainnya, warga belajar lebih bersungguh-sungguh dalam mengikuti kejar paket C bukan hanya semata-mata untuk mendapatkan ijazah setara SMA saja melainkan sebagai kebutuhan belajar yang harus dipenuhi, warga belajar harus bisa membuktikan bahwa walaupun hanya dengan mengikuti paket C mereka memiliki kemampuan, kemandirian dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pendidikan Kesetaraan, Program Kelompok Belajar Paket C.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 08:33
    Last Modified: 11 Nov 2015 08:33

    Actions (login required)

    View Item