MANFAAT PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) DI DESA NOGOSAREN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG

Mira Saktiarsih, 1201411023 (2015) MANFAAT PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) DI DESA NOGOSAREN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2495Kb)

    Abstract

    Masalah yang dikaji adalah manfaat sosial ekonomi pelatihan kewirausahaan, manfaat proses belajar pelatihan kewirausahaan, dan kendalakendala warga belajar dalam memperoleh manfaat sosial ekonomi dan manfaat proses belajar pelatihan kewirausahaan di Desa Nogosaren Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat sosial ekonomi pelatihan kewirausahaan, mendeskripsikan manfaat proses belajar pelatihan kewirausahaan, dan mendiskripsikan kendala-kendala yang warga belajar dalam mendapatkan manfaat sosial ekonomi dan manfaat proses belajar pelatihan kewirausahaan. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 10 orang. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Prosedur analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya manfaat sosial hasil pelatihan kewirausahaan antara lain: mengembangkan interaksi, menciptakan jaringan komunikasi, mengembangkan pertumbuhan pribadi, sedangkan manfaat ekonomi hasil pelatihan kewirausahaan antara lain: meningkatkan produktifitas, mendapatkan pekerjaan baru, memperoleh jaringan wirausaha, mendapatkan dan meningkatkan penghasilan. Manfaat proses belajar antara lain: mendapatkan pengetahuan baru, peningkatan pengambilan keputusan, memperbaiki kinerja warga belajar, meningkatkan kemandirian, mendapatkan keterampilan baru, meningkatkan keterampilan. Kendala-kendala yang dihadapi warga belajar dalam mendapatkan manfaat-manfaat tersebut yaitu: faktor internal adalah pola pikir masyarakat sendiri dan faktor ekternal adalah dari modal dan pemasarannya. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat adanya manfaat hasil pelatihan kewirausahaan baik manfaat sosial dan manfaat ekonomi pelatihan kewirausahaan juga manfaat proses belajar pelatihan kewirausahaan yang menghasilkan perubahan dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya PNPM-MP Kecamatan Getasan mengadakan aspek pendampingan teknis secara rutin kepada anggota kelompok kewirausahaan agar warga belajar dapat berkembang secara maksimal, sebaiknya diadakan lagi peningkatan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pembinaan kecakapan hidup/life skills lainnya di Desa Nogosaren, kelompok pelatihan kewirausahaan sebaiknya lebih meningkatkan lagi dan memaksimalkan dalam hal modal dan pemasaran agar hasil pelatihan kewirausahaan dapat lebih berkembang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Kewirausahaan, Pemberdayaan Masyarakat
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 08:13
    Last Modified: 11 Nov 2015 08:13

    Actions (login required)

    View Item