POLA PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN ( Studi pada Pengusaha Kerudung di Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang)

Mayu Nur Arifah , 1201411017 (2015) POLA PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN ( Studi pada Pengusaha Kerudung di Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1378Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan (studi pada pengusaha kerudung di Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang) dan apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan ( studi pada pengusaha kerudung di Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang) dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan subyek penelitian ini adalah orang tua yang berjumlah tiga orang sebagai informan utama, anak dan karyawan masing-masing tiga orang sebagai informa pendukung. Sumber data primer yaitu orang tua (pengusaha kerudung), anak, dan karyawan dari pengusaha kerudung sedangkan sumber data sekunder yaitu berupa arsip surat-surat izin usaha dan foto-foto. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik trianggulasi sumber yaitu membandingkan hasil wawancara informan utama dengan informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu nilai-nilai yang ditanamkan kepada anak usia dini oleh keluarga pengusaha kerudung di Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang adalah 1). Jujur, 2). Tanggung jawab, 3). Disiplin, 4). Percaya diri, 5). Pemberani, dan 6). Kraetif . penanaman nilai kewirausahaan melalui langkah-langkah sebagai berikut : model, kebiasaan, dan magang. Faktor yang mempengaruhi langkah penanaman nilai kewirausahaan melalui model yaitu kemauan meniru, sedangkan faktor yang mempengaruhi langkah penanaman nilai kewirausahaan melalui kebiasaan yaitu minat untuk melakukan nilai kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari, dan langkah penanaman nilai kewirausahaan melalui magang yaitu bakat dan minat berwirausaha. Saran di dalam penelitian ini adalah : 1). Di sarankan kepada orang tua (pengusaha) agar di dalam menanamkan nilai kewirausahaan sesuai dengan pengalaman yang di miliki serta meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan anak, 2). Disarankan kepada anak pengusaha kerudung supaya lebih termotivasi, untuk melanjutkan usaha orang tua atau membuka usaha sendiri, dan 3). Disarankan kepada karyawan supaya termotivasi untuk mengikuti langkah penanaman nilai kewirausahaan yang diberikan oleh pemilik toko.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga, Nilai-Nilai Kewirausahaan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 08:08
    Last Modified: 11 Nov 2015 08:08

    Actions (login required)

    View Item