PEMBERDAYAAN WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOTA PEKALONGAN

Arina Mahardika, 1201411015 (2015) PEMBERDAYAAN WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (928Kb)

    Abstract

    Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana proses pemberdayaan warga belajar melalui pelatihan tata rias pengantin, bagaimana usaha dalam mewujudkan kemandirian pada warga belajar, dan faktor-faktor yang menghambat proses pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan tata rias pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pemberdayaan masyarakat dan usaha dalam memandirikan peserta didik melalui pelatihan tata rias pengantin serta mendiskripsikan faktor-faktor penghambatnya. Pendekatan penelitian secara kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 6 orang terdiri dari 3 warga belajar, 2 tutor dan 1 kepala BLK. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman wawancara dan observasi. Pemeriksaan dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dalam pemberdayaan warga belajar melalui pelatihan tata rias pengantin adalah (1) proses pemberdayaan warga belajar yang dberikan instruktur/tutor kepada warga belajar di BLK Kota Pekalongan melalui bentuk pemberdayaan dengan pelatihan dasar, pelatihan lanjutan, dan pelatihan wirausaha atau pembinaan kemandirian, (2) usaha dalam mewujudkan kemandirian warga belajar yang dilakukan dengan pembinaan orientasi, pembinaan kecakapan, pembinaan pengembangan kepribadian, pembinaan lapangan dan pembinaan kerja yang diberikan oleh instruktur/tutor, serta (3) faktor-faktor yang menghambat berjalannya proses pemberdayaan yaitu faktor intenal, antara lain: keterampilan dasar yang dimiliki oleh warga belajar, pengetahuan tentang tata rias pengantin, usia. Faktor eksternal antara lain: ruangan yang kurang memadai karena kondisinya bocor ringan, ketersediaan sarana dan prasarana berupa peralatan yang kurang mendukung, keadaan lingkungan yang tidak nyaman karena polusi udara dari limbah rumah sakit, dan motivasi dari keluarga atau teman yang sering mempengaruhi kemauan belajar warga belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pemberdayaan warga belajar melalui pelatihan tata rias pengantin sesuai dengan tujuan yang diharapkan banyak pihak yaitu mewujudkan sikap kemandirian pada warga belajar. Saran dalam penelitian ini yaitu melengkapi sarana dan prasarana, memperhatikan keadaan lingkungan sekitar, dan mengadakan hubungan kerja dengan salon rias pengantin yang sudah ada.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pelatihan Tata Rias pengantin, Balai Latihan Kerja (BLK), Kemandirian.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 08:01
    Last Modified: 11 Nov 2015 08:01

    Actions (login required)

    View Item