PELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DALAM MEMOTIVASI BERWIRAUSAHA IBU RUMAH TANGGA (Studi pada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Karya Nyata Kelurahan Bancar Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga)

Diah Haryani, 1201411013 (2015) PELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DALAM MEMOTIVASI BERWIRAUSAHA IBU RUMAH TANGGA (Studi pada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Karya Nyata Kelurahan Bancar Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1474Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga, menjelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi berwirausaha ibu rumah tangga, dan mendeskripsikan peran Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Karya Nyata sebagai wadah untuk berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 2 orang peserta dan informan terdiri dari 1 orang pelaksana pelatihan, ketua KSM Karya Nyata, dan 1 orang tokoh masyarakat. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga dalam memotivasi ibu rumah tangga cukup memotivasi, hal tersebut dapat dilihat dalam 3 aspek kegiatan, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, 2) faktor yang mempengaruhi motivasi berwirausaha ibu rumah tangga ada 2 faktor, yaitu (a) faktor internal berupa pengalaman danketerampilan yang dimiliki ibu rumah tangga serta motivasi diri mereka, (b) faktor eksternal berupa tingkat pendidikan, pekerjaan, dorongan keluarga, lingkungan masyarakat, dan peluang usaha. 3) peran KSM Karya Nyata sebagai wadah berwirausaha adalah sebagai fasilitator dan motivator anggota dan masyarakat dalam berwirausaha. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: 1) pemberian pelatihan berkelanjutan mengenai produk kerajinan dari limbah/sampah, 2) pelatihan perlu dirancang lebih spesifik dengan penggunaan pendekatan, strategi dan model- model pelatihan yang dapat memotivasi khususnya dalam bidang berwirausaha, 3) pengembangan Bengkel Kerajinan sebagai wadah untuk berwirausaha dengan memberi pelatihan keterampilan limbah/sampah dan pemasaran produk, dan (4) KSM Karya Nyata kiranya dapat melengkapi kekurangan fasilitas atau sarana sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat di kelurahan Bancar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pelatihan pengelolaan sampah, motivasi berwirausaha, ibu rumah tangga.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 07:55
    Last Modified: 11 Nov 2015 07:55

    Actions (login required)

    View Item