Signifikansi Hubungan Kesegaran Jasmani Dengan Persentase Lemak Tubuh Pada Anggota Sanggar Senam Aerobik “Santa Anna” Semarang Tahun 2009.

Eka Selviasari, 6301404095 (2009) Signifikansi Hubungan Kesegaran Jasmani Dengan Persentase Lemak Tubuh Pada Anggota Sanggar Senam Aerobik “Santa Anna” Semarang Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Signifikansi Hubungan Kesegaran Jasmani Dengan Persentase Lemak Tubuh Pada Anggota Sanggar Senam Aerobik “ Santa Anna” Semarang Tahun 2009.) - Published Version
Download (2314Kb)

    Abstract

    Permasalahan penelitian ini adalah, ” Adakah signifikansi hubungan kesegaran jasmani dengan persentase lemak tubuh pada anggota sanggar senam aerobik “Santa Anna “ Semarang Tahun 2009 ?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi hubungan kesegaran jasmani dengan persentase lemak tubuh pada anggota sanggar senam aerobik “Santa Anna “ Semarang Tahun 2009. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi yang digunakan adalah anggota putri sanggar senam aerobik “Santa Anna” Semarang, yang sudah melakukan latihan lebih dari satu tahun berjumlah 20 orang. Semua populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengolahan data menggunakan uji korelasi non parametrik. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis hipotesis, untuk uji normalitas data dengan statistik non parametrik menggunakan Kolmogorov-Smirnov, untuk uji homogenitas menggunakan Chi-Square. Karena ada uji persyaratan yang tidak signifikan maka uji hipotesis menggunakan uji korelasi non parametrik yaitu uji Kendall’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan uji Kendall’s diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0.038, menunjukkan lemahnya korelasi antara kesegaran jasmani dengan persentase lemak tubuh atau % Fat ( di bawah 0.05). Berdasarkan pada hasil perhitungan untuk variabel kesegaran jasmani dengan persentase lemak tubuh (% Fat) angka signifikansi diperoleh sebesar 0.819, berarti di atas 0.05 maka sebenarnya tidak ada hubungan yang signifikan antara kesegaran jasmani dengan persentase lemak tubuh pada anggota Sanggar Senam Aerobik “Santa Anna” Semarang Tahun 2009, atau kalaupun ada hubungan, hubungannya tidak signifikan. Saran yang diajukan adalah : 1) Meningkatkan kualitas senam para anggotanya, sehingga keseimbangan antara kesegaran jasmani dengan prosentase lemak tubuh meningkat lebih baik lagi. 2) Para peneliti hendaknya melanjutkan penelitian ini dengan sampel sanggar yang lain agar mendapatkan hasil sebagai pembanding hasil penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 24 Mar 2011 03:58
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:55

    Actions (login required)

    View Item