PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI METODE EKLEKTIK PERMAINAN “TEBAK TEPAT PASANGANMU” PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA-2 MAN KENDAL

Izzatun Nisa’, 2303411012 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI METODE EKLEKTIK PERMAINAN “TEBAK TEPAT PASANGANMU” PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA-2 MAN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3445Kb)

    Abstract

    Latar belakang diadakannya penelitian di kelas XI IPA-2 MAN Kendal adalah metode pembelajaran keterampilan berbicara yang monoton, adanya karakteristik peserta didik yang berbeda sehingga mempengaruhi penerimaan mata pelajaran Bahasa Arab, adanya faktor lingkungan sekolah yang kurang mendukung dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Arab, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas tersebut. Oleh karena itu perlu adanya metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik dapat termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan metode eklektik permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” untuk mendukung penguasaan kosakata pada keterampilan berbicara bahasa Arab. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” melalui metode eklektik dalam pusat kegiatan belajar? (2) bagaimana peningkatan kemampuan berbicara peserta didik kelas XI IPA-2 MAN Kendal setelah penerapan permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” melalui metode eklektik? (3) bagaimana perubahan perilaku, minat serta respon peserta didik setelah penerapan permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” melalui metode eklektik? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA-2 MAN Kendal yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data, analisis data, dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil nilai rata-rata pada pertemuan pertama siklus I adalah 70,84 dan pertemuan kedua adalah 74,59, maka diperoleh rata-rata siklus I adalah 72,71. Sedangkan nilai rata-rata pada pertemuan pertama siklus II adalah 80,03 dan pertemuan kedua adalah 86,86, maka diperoleh nilai rata-rata siklus II adalah 83,43. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,75%. Hasil analisis data nontes berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan adanya perubahan perilaku pada peserta didik kelas XI IPA-2 MAN Kendal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode eklektik,Teknik permainan “Tebak Tepat Pasanganmu”, Keterampilan Berbicara.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 03:47
    Last Modified: 11 Nov 2015 03:47

    Actions (login required)

    View Item