KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BATANG

Nirwanto, 3201410061 (2015) KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2876Kb)

    Abstract

    Era globlisasi yang ditandai dengan berkembangnya teknologi, ilmu pengetahuan dan berkembangnya kehidupan masyarakat, harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pendidikan, salah satunya dengan pembenahan kurikulum pendidikan. Kurikulum baru yang dikenalkan oleh pemerintah adalah kurikulum 2013. Guru sebagai ujung pelaksanaan kurikulum dituntut untuk memahami dan mengaplikasikannya secara optimal. Salah satu peran guru yang paling penting adalah merencanakan pembelajaran sebaik mungkin agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, (2) untuk mengetahui kendala guru dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru geografi yang mengajar kelas X dengan kurikulum 2013 yang berjumlah 13 guru. Lokasi penelitian di SMA Se-Kabupaten Batang yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2014/ 2015 Variabel dalam penelitian adalah: (1) kesiapan guru geografi dalam membuat perangkat pembelajaran, dan (2) kendala-kendala guru geografi dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan guru terhadap kurikulum 2013 dan perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan skor 66,08 % sedangkan dari hasil evaluasi perangkat pembelajaran yang telah dibuat termasuk dalam kategori baik dengan skor 67,31%. Berdasarkan hasil wawancara mengenai kendala internal diperoleh sebanyak 11 guru (84,61%) mengalami kendala dalam memahami kurikulum 2013, dan 13 guru (100%) mengalami kendala dengan waktu yang kurang dalam membuat perangkat pembelajaran. Sedangkan dari hasil wawancara mengenai kendala eksternal, sebanyak 11 guru (84,61%) mengalami kendala dengan sarana pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kesiapan guru geografi dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan pengetahuan guru dan kemampuan guru dalam membuat perangkat sudah termasuk kategori siap dan guru masih mengalami kendala baik internal maupun eksternal. Saran dari peneliti yaitu (1) Guru geografi hendaknya menambah wawasan terhadap kurikulum 2013 dan perangkat pembelajaran melalui internet, dan forum MGMP. (2) Guru geografi hendaknya meningkatkan kemampuan dalam menyusun perangkat pembelajaran dan menyelesaikannya sebelum tahun ajaran baru dimulai. (3) Pemerintah perlu meningkatkan program pelatihan kurikulum 2013 kepada guru SMA sehingga pelaksanaan kurikulum sesuai sasaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesiapan guru, perangkat pembelajaran, kurikulum 2013
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 18:55
    Last Modified: 10 Nov 2015 18:55

    Actions (login required)

    View Item