ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2014

Indaka Fauziyah, 2301410011 (2015) ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (992Kb)

    Abstract

    Untuk menjadi seorang guru, calon guru harus menempuh jenjang pendidikan keguruan yang dilaksanakan oleh Lembaga Tenaga Kependidikan (LPTK). Lulusan program pendidikan guru diharapkan dapat menentukan secara umum perkembangan jasmaniah, emosional, dan sosial siswa yang akan mereka ajar, dan perlu memilki pengetahuan tentang pembelajaran sebagai persiapan untuk menjadi seorang guru yang mampu memberikan kesempatan kepada pembelajar agar mereka berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Untuk memenuhi kualifikasi dan kompetensi guru, sebelumnya diperlukan persiapan dan usaha yang relevan. Usaha yang ditempuh antara lain Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesiapan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Prancis dilihat dari aspek kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kode etik mahasiswa sebelum melaksanakan PPL tahun 2014. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan tahun 2014 yang meliputi aspek kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan kode etik mahasiswa PPL. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis yang melaksanakan PPL pada tahun 2014. Untuk mengumpulkan data digunakan metode dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk. Untuk menganalisis data digunakan rumus prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara umum mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis Unnes sangat siap dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada tahun 2014. Hal ini ditunjukkan oleh data bahwa 100% mahasiswa dalam kategori sangat siap. Pada aspek kompetensi pedagogik 64% mahasiswa sangat siap, aspek kompetensi profesional 60% mahasiswa siap, aspek kompetensi kepribadian 88% mahasiswa siap, dan kode etik mahasiswa PPL 100% mahasiswa sangat siap.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Mahasiswa, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 17:48
    Last Modified: 10 Nov 2015 17:48

    Actions (login required)

    View Item