PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) MATERI PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK KELAS 5 DI SD TLOGOREJO 3 DEMAK

Haniga Arditama , 1102411101 (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) MATERI PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK KELAS 5 DI SD TLOGOREJO 3 DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Penjas Orkes merupakan pelajaran yang tidak cukup hanya disampaikan dengan modifikasi model pembelajaran, tetapi sangat penting adanya variasi media yang dapat membuat siswa lebih mudah dalam memahami konsep dasar Penjaskes. Berdasarkan materi penjaskes terdapat banyak istilah-istilah dalam pembelajaran penjaskes yang kurang dipahami siswa, serta banyaknya materi yang harus dipelajari menimbulkan kesulitan bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan sebuah media pembelajaran yakni multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Penjas Orkes kelas V, (2) untuk mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penjas Orkes kelas V. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektivan produk tersebut, pengembangan ini dimulai dengan tahap analisis kebutuhan kemudian mendesain produk dan setelah di validasi, revisi dan uji coba produk multimedia pembelajaran interaktif materi permaianan bola voli pada siswa kelas V di SDN Tlogorejo 3 dinyatakan layak untuk digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli terhadap media, dalam penelitian ini terdapat satu ahli materi dan dua ahli media, dari hasil rata-rata semaua aspek yang dinilai ahli materi memberikan skor sebesar 91.1%, dan ahli media 1 sebesar 84% sedangkan ahli media 2 sebesar 87%. Sedangkan hasil perhitungan uji efektivitas diperoleh thitung > ttabel maka hipotesis (Ho) ditolak, sehingga dapat disimpulkan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat penulis ajukan adalah guru hendaknya lebih membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar berlangsung, supaya tercipta suasana belajar yang menyenangkan tanpa mengurangi nilai dari materi pelajaran yang sedang disampaikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Pengembangan, Permainan Bola Voli
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 13:21
    Last Modified: 10 Nov 2015 13:21

    Actions (login required)

    View Item