PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN OLEH GURU-GURU SMP NEGERI 1 UNGARAN DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Faisal Nur Iman, 1102411084 (2015) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN OLEH GURU-GURU SMP NEGERI 1 UNGARAN DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2035Kb)

    Abstract

    Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting bagi guru. Dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 mengenai Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, terdapat empat kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, dua diantaranya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kedua kompetensi tersebut sangat erat kaitannya dengan pemanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Ungaran, peneliti menemukan adanya perbedaan pemanfaatan TIK oleh setiap guru mata pelajaran. Padahal dalam implementasi kurikulum 2013, semua guru diwajibkan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan TIK pada pembelajaran oleh guru-guru dalam rangka implementasi Kurikulum 2013? Penelitian ini adalah penelitian survei lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 Ungaran yang berjumlah 47 orang, kemudian diambil sampel 6 orang yang dikelompokkan ke dalam tiga kelompok mata pelajaran yaitu IPA, IPS dan Seni. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif persentase, adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala likert berskala 5 seta data observasi pendukung berupa rancangan pelaksanaan pembelajaran guru, wawancara guru dan siswa. Simpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah : (a) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru dalam perencanaan pembelajaran untuk kelompok mata pelajaran IPA memperoleh hasil 96% termasuk kategori sangat tinggi, IPS memperoleh hasil 97% termasuk kategori sangat tinggi dan Seni memperoleh hasil81% termasuk kategori sangat tinggi, (b) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru dalam proses pembelajaran untuk kelompok mata pelajaran IPA memperoleh hasil 95 % termasuk kategori sangat tinggi, IPS memperoleh hasil 95% termasuk kategori sangat tinggi dan Seni memperoleh hasil 79% termasuk kategori tinggi, (c) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru dalam evaluasi pembelajaran untuk kelompok mata pelajaran IPA memperoleh hasil 91% termasuk kategori sangat tinggi, IPS memperoleh hasil 94% termasuk kategori sangat tinggi dan Seni memperoleh hasil 83% termasuk kategori sangat tinggi. Saran yang dapat diberikan, sebaiknya guru meningkatkan pemanfaatan TIK dalam merancang, menggunakan dan mengevaluasi pembelajaran agar implementasi kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pemanfaatan TIK, pembelajaran, implementasi kurikulum 2013.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 12:58
    Last Modified: 10 Nov 2015 12:58

    Actions (login required)

    View Item