KEEFEKTIFAN PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK N 11 SEMARANG

Cahya Gita Wicono , 1102411045 (2015) KEEFEKTIFAN PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1015Kb)

    Abstract

    Berdasarkan pengamatan langsung di lapangan diketahui bahwa sebagai Sekolah Bertaraf Internasional – INVEST (Indonesian Vocational Education Strengtening), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Semarang telah menerapkan sistem pembelajaran moving class sejak tahun 2006. SMK N 11 Semarang telah melakukan berbagai perubahan untuk menjalankan sistem moving class. Di SMK N 11 Semarang telah dibuat kelas-kelas khusus untuk mata pelajaran tertentu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear sederhana. Analisis regresi linear adalah hubungan secara linear antara satu variable independen (moving class) dengan variable dependen (motivasi belajar), atau dalam artian ada variable yang mempengaruhi dan ada variable yang dipengaruhi. Kemudian langkah kerjanya yaitu (1) Menghitung koefisien korelasi, (2) Uji keberartian persamaan regresi dan uji kelinieran, (3) Menghitung besarnya koefisien determinasi. Data yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket/kuesioner. Untuk mendukung penelitian tersebut data yang diambil adalah 107 siswa yaitu kelas X multimedia. Analisis hasil penelitian ini, dari hasil pengolahan data diketahui nilai t hitung sebesar 10.083 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka H ditolak dan H diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel moving class terhadap variabel motivasi belajar siswa. Untuk perhitungan nilai koefisien korelasi yaitu diketahui nilai R sebesar 0,701 dan berada diantara interval 0,60 – 0,799 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara sistem moving class dengan motivasi belajar siswa adalah kuat. Sedangkan hasil dari perhitungan koefisien determinasi yaitu sistem moving class memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 49,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran : Berdasarkan kesimpulan, guru perlu meningkatkan kemampuan pengelolaan kelas dalam pembelajaran karena dalam sistem moving class guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik. Serta diperlukan kerjasama dari pihak siswa untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan sistem moving class.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Moving Class
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 12:01
    Last Modified: 10 Nov 2015 12:01

    Actions (login required)

    View Item