PENGEMBANGAN BUKU TEKS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SMP KURIKULUM 2013 KELAS IX SEMESTER 1

Hilda Fikriyati, 3201410023 (2015) PENGEMBANGAN BUKU TEKS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SMP KURIKULUM 2013 KELAS IX SEMESTER 1. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2777Kb)

    Abstract

    Kualitas sumber daya manusia dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya pendidikan. Usaha pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara penerapan kurikulum yang disesuaikan menurut kebutuhan. Kurikulum yang terbaru adalah kurikulum 2013. Untuk mendukung belajar mengajar IPS memerlukan sumber bahan ajar yang sesuai dengan prinsip kurikulum 2013. Buku teks yang diterbitkan oleh pemerintah masih minim dan perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan buku teks kurikulum 2013 untuk pembelajaran IPS SMP kelas IX semester 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Buku teks IPS kurikulum 2013 dikembangkan dan diujicoba kepada siswa SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal kelas IX semester 1. Variabel penelitian ini adalah uji kelayakan bahan ajar dari tim ahli dan uji kelayakan buku melalui respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah uji lapangan menggunakan instrumen dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 lebih menekankan pada aspek saintifik. Penelitian menggunakan pendekatan saintifik yang dirancang agar peserta didik secara aktif menemukan konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, mengajukan pertanyaan atau merumuskan masalah, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep pengetahuan atau prinsip yang “ditemukan”. Pembelajaran IPS dalam buku teks dapat dikaji dari beberapa pendekatan yaitu, pendekatan isi, pendekatan masalah, dan pendekatan tema. Hal ini dibuktikan dengan penilaian rata-rata uji kelayakan dari tim ahli sebesar 91,10 % (sangat layak) dan respon positif siswa dengan nilai rata-rata 82,50 % (sangat layak). Simpulan penelitian ini adalah buku teks kurikulum 2013 ini disusun dengan pendektan saintifik yang mendorong siswa untuk lebih berfikir secara kritis. Saran penelitian ini adalah siswa lebih aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap pelajaran, guru dapat mengembangkan bahan ajar sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi dan sekolah memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: BukuTeks, IPS, Kurikulum 2013
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 11:30
    Last Modified: 10 Nov 2015 11:30

    Actions (login required)

    View Item