KEEFEKTIFAN ANTARA BERMAIN STATISTIKA DAN BERMAIN POLA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI KARANGTENGAH

Epita Herbudiati, 1102411021 (2015) KEEFEKTIFAN ANTARA BERMAIN STATISTIKA DAN BERMAIN POLA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI KARANGTENGAH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1452Kb)

    Abstract

    Taman kanak-kanak adalah salah satu jalur pendidikan formal untuk anak usia 4 - 6 tahun sedangkan kelompok bermain (play group) merupakan jalur pendidikan non formal yang diperuntukan anak usia 2 – 4 tahun. Bermain adalah kegiatan yang anak lakukan sepanjang hari karena bagi anak bermain adalah hidup dan hidup adalah permainan. Dalam bermain statistika anak diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk memahami perbedaan-perbedaan dalam jumlah dan perbandingan dari hasil pengamatan terhadap suatu objek (dalam bentuk visual). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B TK Pertiwi Karangtengah. Sampel penelitian terdiri dari 40 orang siswa kelompok B. Variabel penelitian meliputi variabel bebas strategi pembelajaran bermain statistika yang dibedakan dengan strategi pembelajaran bermain pola (X) dan variabel terikat kemampuan berhitung siswa (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain : observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis uji syarat. Berdasarkan hasil analisis deskripsi menyatakan bahwa keefektifan bermain statistika oleh siswa yang dilakukan efektif dengan rata-rata 71,85 dan standar deviasi 20,648 pada kelas eksperimen. Berdasarkan analisis uji syarat yaitu di peroleh prosentase hasil posttest kelas kontrol (bermain pola) yaitu 50%, sedangkan prosentase pada kelas eksperimen (bermain statistika) yaitu 65%. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berhitung siswa kelompok B yang memperoleh strategi bermain statistika dan yang memperoleh strategi bermain pola. Saran untuk pembelajaran bermain pola, hendaknya guru mampu mengemas pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan dengan cara membuat membuat media yang lebih menarik lagi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Bermain Statistika, Kemampuan Berhitung, Keefektifan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 11:33
    Last Modified: 10 Nov 2015 11:33

    Actions (login required)

    View Item