PENGEMBANGAN BUKU TEKS GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 2 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Pungki Rudianto, Pungki Rudianto (2015) PENGEMBANGAN BUKU TEKS GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 2 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (10Mb)

    Abstract

    Bahan ajar merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk bahan ajar adalah buku teks berbasis kurikulum 2013 yang digunakan guru sebagai panduan dalam mengajar. Dalam kenyataanya buku teks yang diterbitkan masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan didalamnya. Kekurangan tersebut terletak pada pendekatan pembelajaran yang belum sepenuhnya menerapkan pendekatan saintifik/scientific approach. Bagaimana model buku teks yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini memfokuskan untuk merancang buku teks berbasis kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik yang menerapkan lima langkah pembelajaran, yaitu mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Buku yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan sebagai buku panduan guru dalam mengajar. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Data yang diambil berupa validitas buku teks berbasis kurikulum 2013 dari dosen ahli materi dan ahli media, guru sebagai ahli kegrafikaan dan respon guru IPS terhadap buku teks yang dikembangkan. Data tersebut dianalisis secara deskriptif persentase. Buku teks dikatakan layak apabila penilaian validator mendapat kriteria layak dan mendapat respon positif guru apabila mendapat penilaian setuju dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks berbasis kurikulum 2013 layak dipakai sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian dari validator media, materi dan kegrafikan dengan mendapat nilai rata-rata 80,42%. Hasil dari respon guru menunjukkan respon positif dengan memperoleh nilai rata-rata 79,17% yang berarti guru setuju dengan adanya pengembangan buku teks berbasis kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa buku teks layak dikembangkan dan digunakan sebagai buku panduan guru dalam mengajar. Saran dari penelitian ini adalah buku teks perlu dikembangkan lebih baik lagi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku teks, kurikulum 2013.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 10:38
    Last Modified: 10 Nov 2015 10:38

    Actions (login required)

    View Item