IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Sri Marfu’ah, 3101411162 (2015) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1177Kb)

    Abstract

    Pembelajaran tidak terlepas dari penerapan dan pemanfaatan media pembelajaran. Media blog dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis blog oleh guru dalam pembelajaran Sejarah di SMA Islam Hidayatullah? (2) bagaimana penerapan media pembelajaran berbasis blog pada pembelajaran Sejarah di SMA Islam Hidayatullah? (3) bagaimana dampak penerapan media pembelajaran berbasis blog oleh guru dalam pembelajaran Sejarah di SMA Islam Hidayatullah? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Islam Hidyatullah. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa SMA Islam Hidayatullah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) observasi langsung, (2) wawancara mendalam, (3) dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis interaktif. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan media blog berawal dari adanya intranet kemudian muncul ide dari guru sejarah pada tahun 2008 mulai membuat dan menggunakan blog untuk remidial ulangan, kemudian berkembang menjadi media pembelajaran. Blog awalnya hanya berisi soal remidi, kemudian berkembang menjadi lebih kompleks seperti materi pelajaran dan tugas, kuis, soal latihan, games edukasi, foto, video, mindmapping, dan nomenik. Pada tahun ajaran 2014/2015 blog digunakan sebagai media pembelajaran di kelas dan siswa wajib mempunyai blog untuk mendokumentasi setiap tugasnya (2) penerapan media berbasis blog dalam pembelajaran diterapkan setelah 1x45 menit guru menjelaskan materi, kemudian siswa dibagi kelompok untuk mengerjakan soal yang sudah guru postingkan di blog. Untuk remidial ulangan siswa yang di bawah KKM wajib mengunduh soal remidial di blog kemudian diprint dan dikerjakan dengan tulis tangan. Guru juga menerapkan dan mengajarkan games edukasi blog dalam pembelajaran (3) dampak dari penerapan media blog antara lain dampak positif seperti menambah wawasan siswa dan guru, mengajarkan siswa untuk dapat menggunakan internet dengan bijak dan cerdas, meningkatkan kreatifitas siswa, melatih siswa untuk menulis dan berpikir ilmiah, mengurangi limbah kertas, memudahkan siswa untuk mengakses materi pelajaran, meningkatkan minat, motivasi dan prestasi siswa dalam belajar sejarah. Dampak negatif dari penerapan media blog adalah siswa yang terlalu sering bersinggungan dengan internet itu kurang baik, rasa bosan yang dirasakan siswa terkait penugasan memposting tugas di blog.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Blog, Pembelajaran Sejarah.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 09:14
    Last Modified: 10 Nov 2015 09:14

    Actions (login required)

    View Item