STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SEJARAH YANG MENGGUNAKAN MEDIA FACEBOOK DAN GAMBAR DI KELAS XSMKPGRI 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015.

Misna Nauly sahlina , 3101411136 (2015) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SEJARAH YANG MENGGUNAKAN MEDIA FACEBOOK DAN GAMBAR DI KELAS XSMKPGRI 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2370Kb)

    Abstract

    Dalam komunikasi saat pembelajaran, media pembelajaran juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran sejarah. Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran sejarah di SMK PGRI 01 Semarang tergolong masih rendah. Antara lain dikarenakan mata pelajaran sejarah mempunyai materi yang banyak dan belum ada penerapan media pembelajaran yang mampu meningkatkan ketertarikan terhadap mata pelajaran sejarah .Salah satu media pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah media pembelajaran facebook. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Berapakah rata-rata hasil belajar sejarah yang menggunakan media facebook? (2) Berapakah rata-rata hasil belajar sejarah yang menggunakan media gambar? (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah yang signifikan antara kelas yang menggunakan media facebook dan gambar? Populasi peneitian ini adalah Siswa Kelas X Ap 2 SMK PGRI 01 Semarang. Dengan desain penelitian Pretest- Posttest Control Group Design. Dalam desain ini subjek kelompok dilakukan dengan cluster random sampling. Ada dua variabel, yaitu: (1) Pembelajaran sejarah menggunakan media pembelajaran facebook (2) Hasil belajar sejarah siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Perhitungan ketuntasan belajar ini mengacu pada KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang digunakan sekolah, yaitu sebesar 75. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 86,05 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 94,737% ≥ 75 %. Rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sebesar 81,65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 87,5% < 75%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media facebook lebih efektif dan dapat djadikan variasi sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan peneliti hanya untuk mengukur perbandingan penggunaan media facebook dan gambar pada materi pengertian sejarah serta mengukur tingkat pemahaman siswa, sehingga dapat dikembangkan penelitian lain yang sejenis untuk materi pelajaran yang lain dengan menggunakan media.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Facebook dan gambar.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 08:43
    Last Modified: 10 Nov 2015 08:43

    Actions (login required)

    View Item