PENGARUH PEMBELAJARAN ARCS DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRACIMANTORO TAHUN AJARAN 2014/2015

Novita Oktiviana, 3101411105 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN ARCS DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRACIMANTORO TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3924Kb)

    Abstract

    Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Pracimantoro menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga guru belum dapat membuat siswa lebih aktif dan mampu mengemukakan pendapatnya, dimana keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan pembelajaran ARCS dan metode Talking Stick. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan pembelajaran ARCS dengan metode Talking Stick pada pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pracimantoro? (2) apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran ARCS dengan metode Talking Stick terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pracimantoro?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendapatkan gambaran tahapan- tahapan dari penerapan pembelajaran ARCS dengan metode Talking Stick pada pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pracimantoro (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran ARCS dengan metode Talking Stick terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pracimantoro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pracimantoro Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 89 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 77, 31 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 63, 69. Hasil uji hipotesis (uji t dan uji regresi sederhana) nilai post test diperoleh nilai signifikansi (0,00) < taraf signifikansi(0,05), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi= 0,02 dengan taraf signifikansi= 0,05. Karena nilai signifikansi= 0,02 < 0,05 =taraf signifikansi maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh pembelajaran ARCS dengan metode Talking Stick terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasinya adalah 0,668. Hal ini berarti 66,8% hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh pembelajaran ARCS dengan metode Talking Stick, sisanya 33,2% dipengaruhi oleh fakor lain.. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen yaitu 80,65% ≥ 75 %, sedangakan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas kontrol mencapai 32,14% < 75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ARCS dengan metode Talking Stick telah mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengaruh, ARCS dengan Talking Stick, Hasil Belajar.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 08:28
    Last Modified: 10 Nov 2015 08:28

    Actions (login required)

    View Item