PENGARUH PENERAPAN GAME EDUKASI FIRST PERSON SHOOTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS DI SMA N 1 AMBARAWA POKOK BAHASAN SEJARAH PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA (PADA TAHUN 1945-1949)

Dwi Prasetyo, 3101410065 (2015) PENGARUH PENERAPAN GAME EDUKASI FIRST PERSON SHOOTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS DI SMA N 1 AMBARAWA POKOK BAHASAN SEJARAH PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA (PADA TAHUN 1945-1949). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya siswa untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam pertempuran fisik dan menerapkan maknanya dalam kehidupan, terutama prestasinya di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui penerapan pembelajaran game edukasi First Person Shooter sebagai media pembelajaran di kelas XII IPS di SMA N 1 Ambarawa pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia (pada tahun 1945-1949) dan (2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan game edukasi First Person Shooter sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ambarawa pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia (pada tahun 1945-1949). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experimental (Non Equivalent control group). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA N 1 Ambarawa yang berjumlah 199 siswa. Pengambilan sampel munggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan alat berupa tes dan observasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji t dan uji regresi. Hasil analisis data berdasarkan hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh persamaan regresi Y = 58,597 + 0,285 X. hal tersebut berarti variabel independen mempengaruhi variabel dependen secara signifikan. Ini dibuktikan dengan analisis uji t, diperoleh nilai thitung = 4,164 > 2,035= ttabel, dan sig = 0.001 < 5%, jadi Ho ditolak. Ini berarti penerapan game edukasi First Person Shooter berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan game edukasi First Person Shooter ini mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa sampai sebesar 46%. Maka dari itu peneliti menyampaikan saran agar guru IPS (sejarah) di SMA N 1 Ambarawa lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan metode game edukasi First Person Shooter Pada Pokok Bahasan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia (Pada Tahun 1945-1949).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: game edukasi first person shooter
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 17 Nov 2015 05:53
Last Modified: 17 Nov 2015 05:53

Actions (login required)

View Item