PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI DI SEKOLAH BINAAN 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Feri Nasrudin, 1401411296 (2015) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI DI SEKOLAH BINAAN 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411296-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberian reward dan punishment berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini memiliki dasar pendapat dari beberapa ahli bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VI SD Negeri di Sekolah Binaan 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes karena pelaksanaan pemberian reward dan punishment pada kelas VI tergolong baik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 192 siswa dengan sampel sebesar 130 siswa. Variabel-variabel dalam penelitian ini yaitu variabel pemberian reward dan punishment serta variabel motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket serta lembar pengamatan dan wawancara tak terstruktur. Uji prasyarat yang dilakukan terdiri dari uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi, analisis regresi sederhana, koefisien determinasi, dan uji signifikansi. Semua uji prasyarat telah memenuhi kriteria untuk melanjutkan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa pemberian reward dan punishment memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya pengaruh tersebut yaitu sebesar 40% yang diperoleh melalui analisis koefisiensi determinasi. Sedangkan, 60% yang mempengaruhi motivasi belajar siswa berasal dari faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan pemberian reward dan punishment diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran seharihari dengan memperhatikan pedoman penerapan reward dan punishment

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi, punishment, reward.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 23:48
Last Modified: 09 Nov 2015 23:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20269

Actions (login required)

View Item View Item