EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANJARMANGU-BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Wisnu Wijaya, 1102410010 (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANJARMANGU-BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Unnes.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2914Kb)

    Abstract

    Membangun siswa agar mampu memahami konsep dan mengkomunikasikan pengetahuan yang disampaikan merupakan tantangan bagi guru. Guru dituntut untuk dapat mendesain pembelajaran yang inovatif sesuai perkembangan zaman. Paradigma pendidikan modern yang lebih bersifat studentcentered, constructive learning dan information communication tecnology based learning sebaiknya segera dilakukan mulai saat ini, serta mulai meninggalkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu pengetahuan Alam (IPA) siswa dibanding model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 1 Banjarmangu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 7A sebagai kelas kontrol dan kleas 7D sebagai kelas eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah True Experimental Design jenis Control Group Pretest Posttest. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes untuk mendapatkan data peningkatan hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan uji-t satu pihak kanan, uji gain, uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe STAD berbasis TIK lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA dibanding model pembelajaran konvensional, karena lebih siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Model STAD berbasis TIK dapat menjadi alternatif bagi guru IPA, agar siswa dapat mengembangkan sikap ilmiah sesuai karakteristik mata pelajaran IPA.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, STAD, TIK
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > T Technology (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 17 Nov 2015 05:52
    Last Modified: 17 Nov 2015 05:52

    Actions (login required)

    View Item