PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TELAH TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Putri Karuniasari, 7250406596 (2013) PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TELAH TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TELAH TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)) - Published Version
Download (807Kb)

    Abstract

    Pengungkapan wajib merupakan pengungkapan yang diharuskan oleh peraturan yang ditetapkan oleh Bapepam. Pedoman penyajian dan pengungkapan laporan keuangan perusahaan manufaktur diatur dalam SE Bapepam No. SE-02/PM/2002. Kondisi yang sebenarnya di lapangan menunjukkan laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI belum sepenuhnya menerapkan standar yang dikeluarkan oleh Bapepam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pengungkapan laporan keuangan perusahaan manufaktur dan apakah leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan mempengaruhi luas pengungkapan laporan keuangan perusahaan manufaktur di BEI. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui tingkat pengungkapan laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan baik secara simultan dan parsial terhadap luas pengungkapan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2011. Sampel berjumlah 61 perusahaan yang diambil secara purposive sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu luas pengungkapan, dan variabel terikat yaitu leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011 menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan tidak mempengaruhi luas pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa masih banyak perusahaan yang tingkat kelengkapan pengungkapan (disclosure) laporan keuangannya belum memenuhi aturan yang sesuai dengan PSAK yang ditetapkan oleh SK Bapepam sehingga bagi penelitian yang akan datang disarankan menggunakan populasi yang lebih banyak dan melibatkan para ahli di bidang ini dalam penentuan jumlah dan penilaian item pengungkapan laporan keuangan. Belum optimalnya jumlah item yang diungkap perusahaan mensyiratkan Bapepam perlu mengontrol laporan keuangan yang disampaikan oleh perusahaan (emiten).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Luas Pengungkapan Laporan Keuangan, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 26 May 2014 09:52
    Last Modified: 26 May 2014 09:52

    Actions (login required)

    View Item