PENGASUHAN ANAK TKW OLEH SINGLE PARENT AYAH DI DUKUH KALIYOSO DESA KARANGROWO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS

Nova Indra Kusuma, 3401408018 (2012) PENGASUHAN ANAK TKW OLEH SINGLE PARENT AYAH DI DUKUH KALIYOSO DESA KARANGROWO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGASUHAN ANAK TKW OLEH SINGLE PARENT AYAH DI DUKUH KALIYOSO DESA KARANGROWO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (1312Kb)

    Abstract

    Pengasuhan anak yang baik dalam keluarga memiliki pengaruh dalam pembentukan kepribadian anak. Apabila sejak kecil anak diasuh dengan baik dari kedua orang tuanya melalui keteladanan dan kebiasaan hidup orang tua maka akan berdampak yang baik bagi proses pendewasaan anak. Permasalahan yang timbul adalah ketika anak ditinggal ibu bekerja di luar negeri menjadi TKW. Anak yang seharusnya masih memerlukan pengasuhan penuh oleh kedua orang tua, tetapi anak terpaksa ditinggal ke luar negeri oleh ibunya dan anak di rumah di asuh oleh ayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengasuhan anak TKW yang diterapkan single parent ayah dalam mengasuh anak TKW di Dukuh Kaliyoso, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus., 2) bagaimana tanggung jawab single parent ayah dalam pengasuhan anak TKW di Dukuh Kaliyoso Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, 3) hambatan dan solusi single parent ayah dalam mengasuh anak TKW di Dukuh Kaliyoso, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus 4) dampak anak TKW yang ditinggal ibu bekerja di luar negeri dan diasuh oleh single parent di Dukuh Kaliyoso, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa pengasuhan anak TKW oleh orang tua single parent ayah dalam keluarga dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) pengasuhan disiplin pada anak, mendidik anak dan pendidikan karakter anak, 2) tanggung jawab yang dilakukan orang tua single parent pada anak TKW yaitu meliputi tanggung jawab secara material dan spiritual, 3) selama menerapkan pengasuhan pada anak TKW oleh single parent yang menjadi hambatan yaitu anak sering berada di rumah sendiri tanpa adanya orang tua kandung ketika single parent ayah sibuk bekerja dan terbatasnya pengetahuan ayah dalam agama sehingga dalam mengajarkan nilai-nilai agama, single parent ayah cenderung mengandalkan dari madrasah dan aktifitas mengaji pada anak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) hendaknya orang tua single parent ayah selalu mengontrol uang jajan maupun uang makan yang sering diberikan pada anak. Hal ini agar anak tidak menjadi tergantung pada uang 2) ketika single parent ayah bekerja hingga harus meninggalkan anak di rumah, sebaiknya single parent ayah tetap menjaga komunikasi. Komunikasi bisa dilakukan lewat telepon walaupun kondisi anak tidak dapat dipantau secara langsung., 3) hendaknya single parent ayah bekerjasama dengan anggota keluarga terdekat dalam mengasuh anak TKW, agar kondisi anak dari segi kesehatan dan kebutuhan sehari-hari bisa terpantau.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengasuhan, Anak
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 16 May 2014 10:06
    Last Modified: 16 May 2014 10:06

    Actions (login required)

    View Item