IMPLEMENTASI KTSP BERBASIS KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI DI KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012 / 2013

Bayu Wijayanto , 3201409079 (2013) IMPLEMENTASI KTSP BERBASIS KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI DI KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KTSP BERBASIS KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI DI KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012 / 2013) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan perkembangannya, sebuah satuan pendidikan harus menjalankan pembelajaran karakter kepada siswa didiknya. Pendidikan karakter di sekolah disesuaikan dengan tingkat usia perkembangan mental peserta didik. Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal sudah menganjurkan kepada masingmasing Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kendal untuk memasukkan nilainilai karakter bangsa ke dalam pembelajaran sejak tahun 2011. Permasalahan penelitian ini (1) Apakah nilai-nilai karakter bangsa sudah terimplementasi dalam Perencanaan Pembelajaran (RPP dan Silabus) yang disusun oleh guru geografi?; (2) Apakah nilai-nilai karakter bangsa sudah terimplementasi dalam interaksi kegiatan belajar mengajar?; (3) Bagaimanakah evaluasi pendidikan karakter pada pembelajaran geografi?. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui implementasi nilai-nilai karakter bangsa dalam Perencanaan Pembelajaran (RPP dan Silabus) yang disusun oleh guru geografi; (2) Mengetahui implementasi nilai-nilai karakter bangsa dalam interaksi kegiatan belajar mengajar; (3) Mengetahui evaluasi pendidikan karakter pada pembelajaran geografi. Populasi penelitian adalah guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Kendal. Penentuan sampel dengan teknik kuota sampling untuk memenuhi kuota yang direncanakan yaitu 14 guru dari 14 SMA Negeri di Kabupaten Kendal. Variabel penelitian (1) Perencanaan Pembelajaran (RPP dan Silabus); (2) Interaksi Kegiatan Belajar Mengajar; (3) Evaluasi Karakter. Metode Pengumpulan data (1) Wawancara; (2) Observasi; (3) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi KTSP berbasis karakter bangsa pada perencanaan pembelajaran sebagian besar ( 91,07%) guru geografi telah melakukan penyusunan perencanaan pembelajaran geografi berbasis karakter bangsa; (2) Impelementasi KTSP berbasis karakter bangsa dalam interaksi kegiatan belajar mengajar sebagian besar (78,57%) guru geografi telah menanamkan nilai-nilai karakter bangsa pada pembelajaran geografi; (3) Implementasi KTSP berbasis karakter bangsa dalam evaluasi karakter dilakukan dengan baik, tetapi hanya sebagian kecil (21,43%) guru yang telah menggunakan instrumen penilaian penilaian karakter. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah implementasi KTSP berbasis karakter bangsa pada pembelajaran geografi SMA Negeri di Kabupaten Kendal termasuk kedalam kategori sangat baik yaitu sebesar 81,15%. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan agar kerjasama dan koordinasi antar guru, sekolah, serta MGMP geografi, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal untuk lebih ditingkatkan baik dalam bentuk dialog, seminar, maupun pelatihan dalam upaya untuk mendukung keberhasilan dalam implementasi KTSP berbasis karakter bangsa khususnya di Kabupaten Kendal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran karakter
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Apr 2014 13:03
    Last Modified: 15 Apr 2014 13:03

    Actions (login required)

    View Item