PENGELOLAAN KELAS GURU IPS DI SMP SWASTA SE-KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2012/2013

Vita Nandiasari , 3201409044 (2013) PENGELOLAAN KELAS GURU IPS DI SMP SWASTA SE-KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGELOLAAN KELAS GURU IPS DI SMP SWASTA SE-KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2012/2013) - Published Version
Download (3450Kb)

    Abstract

    Pengelolaan kelas merupakan kegiatan guru yang meliputi menata lingkungan fisik kelas, mengelola tingkah laku siswa dalam kelas, menciptakan iklim sosio emosional dan mengelola proses kelompok, sehingga keberhasilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif dapat menciptakan proses belajar mengajar yang berlangsung secara efektif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan fisik kelas yang dilakukan guru IPS di SMP Swasta se-Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun 2012/2013? 2) Bagaimana pengelolaan sosio-emosional yang dilakukan guru IPS di SMP Swasta se-Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun 2012/2013? 3) Bagaimana pengelolaan organisasional yang dilakukan guru IPS di SMP Swasta se-Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun 2012/2013? Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan guru IPS di SMP Swasta se-Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 97 siswa dan 3 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Variabel penelitian yaitu pengelolaan kelas yang meliputi pengelolaan fisik kelas, pengelolaan sosio-emosional dan pengelolaan organisasional. Metode pengumpulan data adalah observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, besarnya rata-rata pengeloaan fisik kelas guru IPS adalah 77% termasuk kriteria baik. Besarnya rata-rata pengelolaan sosio-emosional guru IPS termasuk dalam kriteria sangat baik (87%). Besarnya rata-rata pengelolaan organisasional guru IPS termasuk dalam kriteria sangat baik (83%). Hal ini disebabkan pada saat sebelum diadakan penelitian, guru belum memaksimalkan pengelolaan kelas (pengelolaan fisik kelas, sosio-emosional dan organisasional) yang akan dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan setelah penelitian, guru memahami indikator-indikator apa saja yang menyangkut pengelolaan kelas dan melaksanakannya dengan optimal. Simpulan dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas yang dilakukan guru IPS di SMP Swasta se-Kecamatan Bergas sudah sangat baik. Saran bagi kepala sekolah hendaknya dapat memberikan arahan mengenai kemampuan guru IPS dalam mempertahankan pengelolaan kelas. Bagi guru yang memiliki kemampuan pengelolaan kelas yang sangat baik diharapkan dapat mempertahankan kualitasnya dan meningkatkan kemampuannya terhadap pengelolaan kelas. Bagi siswa sebaiknya lebih fokus atau berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran di kelas dengan cara aktif bertanya jawab dengan guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Apr 2014 11:46
    Last Modified: 15 Apr 2014 11:46

    Actions (login required)

    View Item