PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJAR 2011/2012

Siti Nurhidayah, 3201408056 (2012) PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJAR 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJAR 2011/2012) - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan bahan ajar dan sumber belajar yang hanya berupa lembar kerja siswa dan buku teks. Sumber belajar ini belum sepenuhnya maksimal untuk mendukung pembelajaran geografi. Modul digunakan secara mandiri oleh siswa, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) kelayakan modul pembelajaran geografi berbasis kontekstual untuk materi pelestarian lingkungan hidup, (2) Hasil belajar siswa secara kognitif. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran geografi berbasis kontekstual materi pelestarian lingkungan hidup, (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dempet setelah menggunakan modul pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul pembelajaran. populas penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dempet tahun pelajaran 2011/2012. Penentuan sampel dengan teknik Purposive Sampling diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas uji pemakaian dengan jumlah 36 siswa, dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas uji coba produk dengan jumlah 34 siswa. Sampel diteliti atas hasil belajar dalam materi pelestarian lingkungan hidup dari penggunaan modul pembelajaran geografi berbasis kontekstual. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design, bentuk yang dipilih Pre-test and Post-test One Group Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, tes, dan observasi. Berdasrakan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan modul pembelajaran geografi dapat meningkatkan prestasi akademik siswa dan kualitas proses selama pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat dilihat, (1) Rekapitulasi kelayakan modul pembelajaran dilakukan dua kali yaitu tahap I sebesar 67,3 % dengan kriteria “layak” dan tahap II sebesar 89,3 % dengan criteria “sangat layak”. (2) Nilai hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 untuk nilai rata-rata pretest sebesar 65,38 dan nilai post-test sebesar 86,94 dengan hasil perhitungan dengan uji gain <g> sebesar 0, 63 dengan kriteria “sedang”. Nilai XI IPS 4 untuk nilai rata-rata pre-test sebesar 60,5 dan rata-rata nilai post-test sebesar 85,76. Hasil perhitungan dengan uji gain <g> sebesar 0,62 dengan kriteria “Sedang”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran geografi berbasis kontekstual sangat layak digunakan sebagai bahan ajar di SMA N 1 Dempet. Penggunaan modul pembelajaran geografi berbasis kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Saran bagi guru mata pelajaran geografi diharapkan dapat mengembangkan sebuah model pembelajaran menjadi suatu bahan ajar seperti modul. Bagi pihak sekolah memberikan kesempatan bagi guru mata pelajaran untuk mengembangkan bahan ajar yang telah ada menjadi sebuah modul.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kontekstual dan Penggunaan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis kontekstual
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 14 Apr 2014 10:11
    Last Modified: 14 Apr 2014 10:11

    Actions (login required)

    View Item