PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG

PUTRI MEIDITA YEKTI P, 1401409041 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG) - Published Version
Download (2605Kb)

    Abstract

    Pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebanggaan dan cinta tanah air. Dari hasil pengamatan awal di SDN Karanganyar 02 Semarang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PKn di kelas III belum berjalan optimal. Masih banyak siswa kurang terlibat dalam pembelajaran, siswa cenderung belajar sendiri dalam pembelajaran, siswa tidak memiliki motivasi dalam belajar Pkn, dan siswa sering tidak mendengarkan penjelasan guru. Hal tersebut dikarenakan guru kurang memberikan strategi yang sesuai dalam pembelajaran, dan juga guru belum menggunakan media pembelajaran secara optimal. Pembelajaran seperti ini mengakibatkan interaksi antara guru dan siswa menjadi berkurang.. Data hasil belajar PKn menunjukkan dari 40 siswa hanya 15 siswa (38%) yang mendapat nilai diatas KKM, sedangkan sisanya yaitu 25 siswa (62%) masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran inovatif. Salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan guru kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang dalam pembelajaran PKn?; (2) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang dalam pembelajaran PKn?; (3) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang dalam pembelajaran PKn? Tujuan penelitian: (1) meningkatkan keterampilan guru; (2) meningkatkan aktivitas siswa; dan (3) meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empet tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Karanganyar 02 Semarang. Subjek penelitian tindakan ini adalah guru dan siswa kelas III tahun pelajaran 2012/2013. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I keterampilan guru mendapat skor 23 dengan kriteria baik, pada siklus II guru mendapat skor 27 dengan kriteria baik, dan pada siklus III guru mendapat skor 31 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan, aktivitas siswa pada siklus I mendapat rata-rata jumlah skor 21,66 dengan kriteria baik, pada siklus II mendapat rata-rata jumlah skor 24,35 dengan kriteria baik, dan pada siklus III mendapat rata-rata jumlah skor 25,73 dengan kriteria baik. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 57,5%, siklus II sebesar 70%, dan siklus III mencapai 82,5%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang. Saran dari peneliti yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran inovatif, khususnya model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pembelajaran PKn, Kooperatif, TGT, PowerPoint
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 19 Dec 2013 05:36
    Last Modified: 19 Dec 2013 05:36

    Actions (login required)

    View Item