PENGEMBANGAN MODEL BTL (BETTER TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER SISWA SMP

Rulin Dotama Charista Putri , 4201409116 (2013) PENGEMBANGAN MODEL BTL (BETTER TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3033Kb)

    Abstract

    Pemerintah Amerika Serikat melalui United States Agency for International Development (USAID) menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia di bidang pendidikan dalam rangka mendukung Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan menengah pertama. Program yang dilaksanakan dinamakan Decentralized Basic Education 3 (DBE3). Program ini mengembangkan model pembelajaran bermakna atau BTL (Better Teaching and Learning). Model BTL atau pembelajaran bermakna ini dikembangkan untuk melatih kecakapan hidup. Salah satu kecakapan yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan berpikir kreatif. Salah satu tujuan dari pendidikan nasional adalah mengembangkan karakter siswa. Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3. Tujuan dari penelitian ini adalah menyediakan perangkat BTL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan karakter serta untuk mengetahui pengembangan kemampuan berpikir kreatif dan karakter siswa SMP pokok bahasan kalor. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Uji coba produk menggunakan Pre Experimental Design dengan jenis Pre-test and Post-test One Group Design. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, perancangan, dan pengembangan. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh dari lembar observasi pre-test dan post-test. Data karakter diperoleh dari lembar observasi pada setiap pertemuan. Hasil penelitian mendapatkan desain perangkat BTL yang berupa silabus, RPP, LKS dan lembar penilaian untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan karakter siswa. Uji validasi produk perangkat model BTL dilakukan oleh dosen pembimbing untuk mengetahui kelayakan. Selanjutnya perangkat model BTL diuji coba secara terbatas pada sepuluh siswa, setelah ada perbaikan perangkat BTL diterapkan di kelas. Berdasarkan hasil analisis data, model BTL mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada kategori sedang dan karakter siswa pada kategori mulai berkembang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: BTL, kemampuan berpikir kreatif, karakter
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 05 May 2014 12:23
    Last Modified: 05 May 2014 12:23

    Actions (login required)

    View Item