PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN EKSPERIMEN TERBIMBING BERBASIS SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KERJASAMA SISWA

Evin Zulfa Nur Syekha , 4201409113 (2013) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN EKSPERIMEN TERBIMBING BERBASIS SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KERJASAMA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1705Kb)

    Abstract

    Fisika sebagai sebagai suatu disiplin ilmu yang mengharuskan siswa memakai berbagai metode pemahamn dan untuk menterjemahkan kata demi kata, tabel, grafik, persamaan-persamaan, diagram, peta. Fisika membutuhkan kemmapuan menggunakan aljabar dan geometri. Hal ini membuat fisika terlihat sulit dipelajari sehingga minat siswa untuk mempelajari fisika menjadi rendah dan berefek pada hasil belajar siswa nantinya. Dalam penelitian ini pada eksperimen diterapkan pembelajaran dengan metode eksperimen terbimbing berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Sampel yang diambil adalah siswa MTs Negeri Sulang kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control design . Metode eksperimen terbimbing berbasis SAVI pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menerapkan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang diambil adalah hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan keterampilan kerjasama siswa.Hasil belajar kognitif didapatkan melalui tes dan hasil belajar psikomotorik dan keterampilan kerjasama melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 75,18 dan kelas kontrol 61,96. Rata-rata hasil belajar psikomotrik siswa pada kelas eksperimen 70,14 % dan kelas kontrol 60,77%.. Untuk keterampilan kerjasama siswa pada kelas eksperimen 70,10% dan kelas kontrol 61,15%. Analisis Uji signifikansi melalui uji t pihak kanan dengan α=5% menghasilkan thitung = 5,40 dan harga ttabel = 2,00. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen terbimbing berbasis SAVI dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kerjasama siswa. Hasil belajar dan keterampilan kerjasama dengan penerapan metode eksperimen terbimbing berbasis SAVI lebih baik daripada metode demonstrasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Eksperimen terbimbing, SAVI, Hasil Belajar , Keterampilan Kerjasama
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 05 May 2014 12:27
    Last Modified: 05 May 2014 12:27

    Actions (login required)

    View Item