ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU “TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH” KARANGAN Dr. D. HIDAYAT KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 KOTA MAGELANG

Wawan Gunawan, 2701409053 (2013) ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU “TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH” KARANGAN Dr. D. HIDAYAT KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU “TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH” KARANGAN Dr. D. HIDAYAT KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 KOTA MAGELANG)
Download (899Kb)

    Abstract

    Rendahnya mutu pembelajaran bisa disebabkan oleh rendahnya kualitas bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar bisa berupa buku paket/buku ajar dan lembar kerja siswa (LKS). Kualitas buku paket yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Banyak sekolah yang menggunakan buku paket sebagai bahan ajar untuk masing-masing mata pelajaran. Di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang, pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa Arab menggunakan buku paket “Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah” karangan Dr. D. Hidayat. Buku paket tersebut belum pernah dianalisis kualitas soalnya, sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisis butir soal pada buku paket tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan soal-soal latihan, lembar jawaban siswa, kunci jawaban buku paket “Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah” karangan Dr. D. Hidayat kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang, silabus dan RPP mata pelajaran bahasa Arab kelas X, daftar nama siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang untuk dijadikan sampel penelitian. Variabel diskrit dalam penelitian ini angka-angka yang digunakan dalam menghitung banyaknya siswa yang menjawab butir soal dari kelompok atas dan kelompok bawah, sedangkan Variabel kontinumnya adalah hasil dari analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal latihan buku paket ta’lim al lughah al arabiyah karangan Dr. D Hidayat kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 kota Magelang tahun 2013 memiliki validitas dengan kategori kurang karena hanya 35% indeks validitasnya yang memenuhi standar, reliabilitas masuk dalam kategori jelek. Dengan perolehan angka 32,25% dari seluruh soal memiliki reliabilitas tinggi, 67,75% dari seluruh soal memiliki reliabilitas sangat rendah, daya pembeda masuk dalam kategori cukup karena 35% soal memiliki indeks daya pembeda sesuai dengan standar, dan tingkat kesukaran dengan kategori baik karena 72,5% indeks kesukarannya telah memenuhi standar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Butir Soal, Latihan Buku Paket Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 05 May 2014 12:27
    Last Modified: 05 May 2014 12:27

    Actions (login required)

    View Item