PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X6 MAN 1 MAGELANG

M. Hanif Lutfi, 2701409038 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X6 MAN 1 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X6 MAN 1 MAGELANG)
Download (2759Kb)

    Abstract

    Keterampilan berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Hal ini berlaku untuk seluruh bahasa di dunia Dalam hal ini adalah bahasa Arab. Pengamatan awal ketika peneliti melaksanakan PPL kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab masih rendah. Indikasinya adalah siswa masih takut salah, masih banyak diam. Hal ini didasari karena pengetahuan siswa tentang bahasa Arab masih kurang, dan penguasaan kosakata yang kurang. Oleh karena itu, perlu ada alternatif teknik atau model yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran seluas-luasnya. Salah satu langkah untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa peneliti menyuruh kepada siswa untuk menghafal kosakata dalam sehari 3 kosakata. Pada kenyataan tersebut sebagian siswa masih mengalami kesulitan. Upaya yang ditawarkan sebagai alternatif pemecahan permasalahan di atas adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif team quiz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan peningkatan minat belajar keterampilan berbicara bahasa Arab dengan model pembelajaran kooperatif team quiz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di dalamnya terdapat dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Berdasarkan data penelitian yang dihimpun, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif team quiz benar-benar mampu meningkatkan keterampilan berbicara tingkat dasar siswa secara signifikan, dengan prosentase peningkatan sebesar 23,85%. Nilai rata-rata siklus I sebesar 57,82. Sedang nilai rata-rata siklus II sebesar 83,12. Siswa juga menunjukkan perubahan perilaku ke araf positif yaitu siswa menjadi lebih senang karena belajar berbicara bahasa Arab menggunakan kelompok dan diselingi permainan untuk menunjang keterampilan berbicara bahasa Arab.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, model pembelajaran kooperatif team quiz
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 05 May 2014 12:32
    Last Modified: 05 May 2014 12:32

    Actions (login required)

    View Item