IMPLEMENTASI EKSPERIMEN OPENINQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MAHASISWA

Tika Resti Pratiwi , 4201409033 (2013) IMPLEMENTASI EKSPERIMEN OPENINQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MAHASISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI EKSPERIMEN OPENINQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MAHASISWA) - Published Version
Download (1958Kb)

    Abstract

    Degradasi karakter bangsa menuntut pemerintah menanamkan kembali pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dengan melibatkan peserta didik lebih aktif. Eksperimen open inquiry merupakan tingkatan inkuiri yang memberi kesempatan lebih banyak mahasiswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga selain meningkatkan kemampuan berfikir juga mampu mengembangkan sikap. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan eksperimen open inquirydalam mengembangkan nilai karakter mahasiswa dan mengetahui keefektifan meningkatkan pemahaman konsep gelombang, serta mengetahui koefisien korelasi antara keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenisone group pretest and posttest design.Instrumen penelitian berupa lembar observasi oleh tiga observer dan tes tertulis pilihan ganda beralasan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis awal penelitian berupa analisis uji coba soal tes tertulis dan analisis akhir penelitian berupa analasis uji gain, uji t satu pihak dan uji korelasi. Berdasarkan hasil uji gaindiperolehadanya perkembangan nilai karakter mahasiswa sebesar 0,41 dengan kategori sedang dan adanya peningkatan pemahaman konsep gelombang sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Perkembangan setiap aspek nilai karakter berbeda juga. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa eksperimen open inquiry telah efektif untuk mengembangkan nilai karakter mahasiswa danefektif untuk meningkatkan pemahaman konsep gelombang walaupun korelasi keduanya tidak signifikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: open inquiry, nilai karakter, konsep gelombang
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 05 May 2014 13:03
    Last Modified: 05 May 2014 13:03

    Actions (login required)

    View Item