PENERAPAN KERUCUT ANTI-GRAVITASI UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA FISIKA TERHADAP KONSEP MEKANIKA

Listiyanto , 4201409031 (2013) PENERAPAN KERUCUT ANTI-GRAVITASI UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA FISIKA TERHADAP KONSEP MEKANIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN KERUCUT ANTI-GRAVITASI UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA FISIKA TERHADAP KONSEP MEKANIKA) - Published Version
Download (1640Kb)

    Abstract

    Mekanika merupakan dasar fisika. Mahasiswa dituntut untuk memiliki pemahaman yang baik terkait mekanika sesuai dengan konsep mekanika yang ada. Perlu dilakukan pengukuran terkait kualitas pemahaman mahasiswa mengenai konsep mekanika. Pengukuran tersebut membutuhkan perangkat yang relevan sehingga hasil pengukurannya dapat mencerminkan pemahaman mahasiswa mengenai mekanika. Kerucut Anti-gravitasi merupakan perangkat yang relevan untuk mengukur pemahaman mengenai mekanika. Penelitian ini dilakukan di jurusan Fisika FMIPA Unnes dengan sampel mahasiswa fisika angkatan 2010 dan 2011. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan penjelasan fisika mengenai fenomena kerucut Anti-gravitasi dengan metode geometri yang meliputi: (1) penyebab fenomena Kerucut Anti-gravitasi, (2) kemungkinan gerak kerucut serta (3) persamaan gerak kerucut. Terdapat beberapa konsepsi alternatif mengenai fenomena Kerucut Anti-gravitasi yang muncul baik pada mahasiswa fisika angkatan 2010 (28,55%) maupun angkatan 2011 (43,35%) yang menunjukkan pemahaman mekanika yang kurang baik. Konsepsi alternatif tersebut muncul akibat adanya beberapa faktor yang dapat dikategorikan sebagai sumber pengetahuan dan kemampuan problem solving. Faktor-faktor yang terkait dengan sumber pengetahuan meliputi intuisi kehidupan sehari-hari, fragmentasi pengetahuan dan kerangka teori spesifik. Terdapat beberapa upaya yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya konsepsi alternatif pada pembelajaran mekanika lebih lanjut, upaya-upaya tersebut meliputi pembelajaran bermakna, pembelajaran berbasis pengalaman, pembelajaran berbasis konteks, pembelajaran menggunakan peta konsep serta pembelajaran dengan metode diskusi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kerucut Anti-gravitasi, Kualitas Pemahaman, Konsepsi Alternatif.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 05 May 2014 13:04
    Last Modified: 05 May 2014 13:04

    Actions (login required)

    View Item