PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI KALOR UNTUK SISWA KELAS VII SMP RSBI

Dwi Lida Enggayanti , 4201409015 (2013) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI KALOR UNTUK SISWA KELAS VII SMP RSBI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI KALOR UNTUK SISWA KELAS VII SMP RSBI) - Published Version
Download (3351Kb)

    Abstract

    Prestasi sains siswa Indonesia yang terukur dalam ajang TIMSS (Trends International in Mathematics and Science Study) tahun 2011 masih rendah dan jauh di bawah rata-rata skor Internasional. Penyebab rendahnya prestasi sains siswa Indonesia adalah pembelajaran masih terfokus pada hafalan konsep, dan belum melatih siswa untuk melakukan proses penemuan. Inkuiri merupakan model pembelajaran yang menekankan proses penemuan. Inkuiri dapat diterapkan pada media pembelajaran yang banyak digunakan siswa, yaitu LKS. Fenomena sosial yang terjadi di masyarakat saat ini menunjukkan buruknya karakter bangsa Indonesia. Upaya untuk mengatasi buruknya karakter adalah integrasi nilai karakter di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan LKS berbasis inkuiri terintegrasi pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar sekaligus mengembangkan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan susunan LKS berbasis inkuiri terintegrasi pendidikan karakter pada materi kalor, menguji tingkat kelayakan dan keterbacaan LKS, mengetahui peningkatan hasil belajar dan perkembangan karakter siswa kelas VII SMP RSBI setelah menggunakan LKS. Penelitian ini menggunakan metode R & D. Desain uji coba adalah Pre-Experimental dengan jenis Pre-test and Post-test One Group. Prosedur penelitian meliputi tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian produk. Subjek uji coba produk skala terbatas dan kelas adalah siswa VII G dan VII F SMP Negeri 2 Kendal tahun pelajaran 2012/2013. Tingkat kelayakan dan keterbacaan LKS diuji menggunakan angket dan tes klos. Data hasil belajar diperoleh dari pre-test dan post-test. Data perkembangan karakter diperoleh dari lembar observasi. Hasil penelitian didapatkan susunan LKS berbasis inkuiri terintegrasi pendidikan karakter pada materi kalor yang telah teruji kelayakan dan keterbacaannya. Uji kelayakan menunjukkan LKS termasuk dalam kriteria "sangat layak" digunakan sebagai media pembelajaran siswa. Uji keterbacaan menunjukkan LKS "mudah dipahami" oleh siswa. Analisis peningkatan hasil belajar menunjukkan kategori "sedang". Analisis perkembangan karakter menunjukkan karakter siswa berada pada kategori "mulai berkembang".

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan; LKS; Inkuiri; Karakter.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 05 May 2014 13:11
    Last Modified: 05 May 2014 13:11

    Actions (login required)

    View Item