ANALISIS KEBIASAAN BEKERJA ILMIAH MAHASISWA FISIKA PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR

Nasrodin , 4201409014 (2013) ANALISIS KEBIASAAN BEKERJA ILMIAH MAHASISWA FISIKA PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KEBIASAAN BEKERJA ILMIAH MAHASISWA FISIKA PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR) - Published Version
Download (2077Kb)

    Abstract

    Praktikum Fisika Dasar merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa Fisika FMIPA Unnes. Dalam setiap kegiatan praktikum, mahasiswa dituntut untuk melakukan kerja ilmiah. Kerja ilmiah tersebut mencakup sikap ilmiah, keterampilan proses praktikum dan komunikasi ilmiah. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkatan kebiasaan bekerja ilmiah mahasiswa pada Praktikum Fisika Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkatan kebiasaan bekerja ilmiah mahasiswa fisika pada Praktikum Fisika Dasar. Penelitian ini dilakukan di laboratorium fisika dasar FMIPA Unnes menggunakan metode diskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fisika angkatan 2012 rombel 1 Prodi Pendidikan Fisika dan rombel 2 Prodi Fisika. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa kebiasaan bekerja ilmiah yang dilakukan termasuk dalam kategori baik dengan persentase akhir sebesar 86,76%. Hasil tersebut menggambarkan bahwa kemampuan praktikan untuk melakukan praktikum secara runtut, bersikap positif saat praktikum serta mengomunikasikan hasil praktikum kepada orang lain sangat tinggi. Dari kesimpulan tersebut, peneliti menyarankan agar kebiasaan bekerja ilmiah tersebut dapat dipertahankan dan sebaiknya diterapkan dalam pemecahan permasalahan sains pada kehidupan sehari-hari.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis, Kebiasaan, Bekerja Ilimiah, Praktikum, Fisika Dasar.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 05 May 2014 13:11
    Last Modified: 05 May 2014 13:11

    Actions (login required)

    View Item