PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN PENDEKATAN SETS PADA MATERI CAHAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA

HANDINI KARTIKASASMI , 4201408089 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN PENDEKATAN SETS PADA MATERI CAHAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN PENDEKATAN SETS PADA MATERI CAHAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VIIIE SMP Negeri 3 Pemalang diketahui bahwa pelaksanaan proses pembelajaran fisikanya belum menggunakan metode yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Hal ini menyebabkan kreativitas siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS pada materi cahaya yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dan meningkatkan hasil belajarnya. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS pada materi cahaya dapat mengembangkan kreativitas dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 Pemalang. Dalam penerapan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS, siswa akan diberikan nomor. Guru akan meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya dengan cara menyebutkan nomor secara acak. Dalam pembelajaran siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk memandang sesuatu secara terintegrasi dengan memperhatikan unsur SETS. Dalam model pembelajaran ini, guru memberikan kebebasan bagi siswa untuk memvariasi variabel dan jumlah data dalam eksperimen, diskusi serta dalam mencari artikel yang terkait dengan materi sehingga diharapkan kreativitas siswa akan terlihat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 pemalang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket. Peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa tiap siklusnya diketahui melalui analisis uji gain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: NHT; SETS; cahaya; kreativitas
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 05 May 2014 13:44
    Last Modified: 05 May 2014 13:44

    Actions (login required)

    View Item